Jumat, 29 Maret, 2024

Penembakan di Deiyai Papua, Komnas HAM minta Polisi Usut Tuntas

MONITOR, Jakarta – Dunia kemanusiaan kembali menangis dan berduka atas kembali terjadinya tragedi kemanusiaan di Tanah Papua. Kali terjadi penembakan di Kab Deiyai. Menurut informasi dari warga korban tertembak mencapai 17 orang.

Komisioner Komas HAM, Maneger Nasution mengatakan Komnas HAM menyampaikan turut berbelasungkawa terhadap masyarakat Papua, khususnya keluarga korban penembakan.

“Komnas HAM sungguh2 mengutuk keras peristiwa penembakan itu. Komnas HAM wajib hukumnya turun ke lapangan untuk memantau kasus tersebut”. Ujar Maneger dalam siaran pers yang diterima MONITOR, Rabu (3/8).

Maneger menambahkan, dalam hal ini Kepolisian harus segera mengusut kasus itu sampai tuntas secara profesional dan independen. Siapa pun pelakunya, apa pun motifnya, dan siapa pun aktor intelektualnya harus dimintai pertanggungjawaban.

- Advertisement -

Selain itu, sambung Maneger Presiden Jokowi juga harus mengambil inisiatif dan  memimpin penyelesaian kasus-kasus kemanusiaan di Tanah Papua secara dialogis, damai, menyeluruh dan bermartabat dalam kerangka NKRI yang sejati.

"Di sisa-sisa waktu yang relatif tidak banyak, Presiden Jokowi sebaiknya bergegaslah memimpin penyelesaian masalah-masalah Papua. Sekali lagi bersegeralah sebelum terlambat.  Masalah-masalah Papua sudah mendekati Maghrib. Sejarah NKRI di Tanah Papua menuntut bukti. Semoga masih ada waktu," kata Maneger.

- Advertisement -

BERITA TERKAIT

TERPOPULER