Kamis, 28 Maret, 2024

Moeldoko Tidak Dipecat, Pengamat: Istana Terlibat KLB Demokrat

MONITOR, Jakarta – Kader Partai Demokrat berupaya keras menolak hasil kongres luar biasa (KLB) Partai Demokrat yang diinisiasi Moeldoko, Marzuki Alie, Jhoni Allen dan lainnya di Deli Serdang.

Ini dibuktikan dengan gerak kader Demokrat dipimpin Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) ke sejumlah lembaga negara seperti Kemenkumham dan Kemenko Polhukam. Namun hingga kini, Presiden Joko Widodo belum sedikitpun angkat bicara menyinggung persoalan yang melanda Partai Demokrat.

Terkait KLB Demokrat, pengamat politik Pangi Syarwi Chaniago meyakini istana justru terlibat dalam desain gerakan KLB Demokrat. Hal itu dibuktikan dengan posisi Kepala Kantor Staf Presiden Moeldoko yang masih aman.

“Saya masih menyakini Istana terlibat desain KLB Demokrat, alasannya Moeldoko belum juga dipecat tidak hormat, Presiden belum bicara, ngak bunyi sampai hari ini,” kata Pangi dalam keterangannya, Selasa (9/3/2021).

- Advertisement -

Direktur Eksekutif Voxpol Center Research and Consulting ini pun mempertanyakan janji Presiden Jokowi untuk melindungi partai politik. Jika hal tersebut tidak dilakukan, maka ia menduga istana memang benar mendalangi KLB Demokrat.

“Janji mengayomi dan melindungi partai politik. Kalau presiden sudah melakukan dua hal tadi, boleh jadi tidak terlibat,” tandasnya.

- Advertisement -

BERITA TERKAIT

TERPOPULER