Aktivis PB PMII Tanam 1000 Pohon di Hulu Sungai Citarum

MONITOR, Bandung – Sebanyak 300 kader Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) merayakan rangkaian Harlah PMII ke-58 dengan menanam pohon di Hulu Sungai Citarum, Situ Cisanti, Kabupaten Bandung, Sabtu (14/4). Selain dari kader PMII, terlibat juga TNI dan masyarakat untuk ikut serta menanam pohon. 

Ketua Umum PB PMII, Agus Mulyono Herlambang mengatakan kegiatan ini merupakan implementasi dari Nilai Dasar Pergerakan (NDP). “Yakni, habluminal Alam untuk merawat lingkungan dan alam,” kata pria asal Jombang tersebut. 

Agenda yang bekerjasama dengan Kodam 3 Siliwangi ini merupakan launching kegiatan yang diharapkan diikuti oleh seluruh kader PMII se-Indonesia. Program penanaman pohon di masing-masing cabang ini menunjukkan adanya semacam stimulus kegiatan yang diharapkan bisa ditularkan di tempat lain.

Seperti yang diketahui, PMII saat ini memiliki 230 cabang dan 25 PKC di seluruh Indonesia. ”Ke depan, agenda ini akan dilanjutnya oleh cabang. Serta, hal ini bagian dari peran PMII dalam pemberdayaan dan komitmen merawat lingkungan dan alam,” tegasnya. 

Di tempat yang sama, Ketua Pelaksana Harlah PMII ke-58, Ahmad Riyadi mengakui, Sungai Citarum adalah sungai terpanjang di Jawa Barat yang telah tercemari oleh berbagai limbah.

”Saat ini di daerah hulu Citarum, sekitar 500 pabrik berdiri dan hanya sekitar 20% saja yang mengolah limbah mereka,” jelasnya. 

Hal lainnya, kondisi Citarum saat ini merupakan potret parahnya pengelolaan air permukaan di Indonesia. Hasil pemantauan yang dilakukan oleh 30 Badan Pengendalian Dampak Lingkungan Daerah (Bapedalda) Propinsi Jawabarat pada tahun 2008 terhadap 35 sungai menunjukkan bahwa pada umumnya status mutu air sudah tercemar berat.

”Atas dasar itulah kami melakukan penanaman pohon 1000 pohon di Situ Cisanti. Serta ini sebagai kepedulian PMII terhadap lingkungan,” pungkasnya.