Lima Hal ini Bikin Wajah Mulus Tanpa Jerawat

MONITOR, Jakarta – Penuaan merupakan mimpi buruk saat kita menginjak usia masa remaja. Namun, pasti kalian tidak asing dengan kata jerawat. Jerawat adalah obsesi yang melekat pada manusia.

Apabila jerawat sudah tumbuh, berbagai perawatan kerap dilakukan untuk mengatasinya dan membuat kulit wajah kembali mulus.

Padahal, ada beberapa kebiasaan sederhana yang bisa kamu lakukan untuk mencegah timbulnya jerawat lho, ladies! Dengan melakukan beberapa kebiasaan ini, kamu tak perlu merogoh kocek terlalu dalam untuk mendapatkan kulit mulus bebas jerawat.

Apa sajakah 5 kebiasaan itu? Yuk, simak selengkapnya di bawah ini!

1. Jangan Terlalu Sering Menyentuh Kulit Wajah

Dalam waktu senggang, kebiasaan kita tanpa sadar yaitu menyentuh kulit wajah. Harus kalian ketahui bahwa bakteri dari tangan mudah menembus ke dalam kulit wajah, sehingga menyumbat pori-pori.

Tidak hanya itu, jika kulitnya berjerawat, lebih mudah menyebarkan jerawat lebih cepat di daerah tanpa jerawat dan membuat kulit wajah menjadi lebih buruk. Jadi jagalah kebersihan tangan Anda dan jangan biarkan kebiasaan menyentuh wajah Anda sehingga kulit tidak terkena jerawat lagi!

2. Penyalahgunaan Exfoliating

Membersihkan kulit adalah kebutuhan sehari-hari, tetapi mencuci wajah terlalu sering bisa menyebabkan keringnya kulit wajah, kurangnya kelembaban dapat kehilangan nutrisi yang dibutuhkan kulit wajah. Pengelupasan berlebihan juga bisa membuat kulit rapuh dan menyebabkan alergi, kemerahan, jerawat.

Cara terbaik yaitu mencuci muka hanya 2 kali sehari dan lakukan exfoliating 1-2 kali seminggu untuk memastikan kulit bersih dan bernafas dengan baik. Serta memilih produk pengelupasan ringan yang mengandung bahan AHA untuk membersihkan kulit secara efektif tanpa iritasi.

3. Jangan Menggosok Jerawat Anda dengan Tangan

Kebanyakan orang memiliki kebiasaan menggosok jerawat dengan tangan. Inilah salah satu penyebab jerawat tidak hanya berkurang tapi juga bertambah parah.

Tahukah Anda bahwa biasanya, tangan adalah wadah miliaran bakteri. Jika Anda secara tidak sengaja menggunakan tangan kotor Anda untuk meremas jerawat, berarti Anda secara tidak langsung telah menyebabkan wajah Anda rusak parah!

Selain itu, menggosok jerawat dengan tangan mudah melukai kulit, merobek kulit. Kerusakannya kecil tapi jika parah bisa meninggalkan bekas luka.

4. Gunakan Kosmetik yang Cocok dengan Kulit Anda

Penting bagi Anda, ladies untuk memilih jenis kosmetik yang sesuai dengan karakteristik kulit kalian.

Untuk kulit berminyak, kulit kering, kulit normal, kulit sensitif atau kulit kombinasi, setiap jenis kulit harus menggunakan kosmetiknya sendiri. Anda harus memahami kulit Anda dan mencari tahu, 

5. Selalu Jaga Kebersihan Alat Make-up Anda

Aplikator atau alat make up adalah instrumen kontak langsung dengan kulit setiap kali make up. Karena itu, jika aplikator dan spons kotor akan mempengaruhi kulit Anda timbulnya jerawat.

Menggunakan aplikator yang kotor bisa menembus pori-pori melalui serat sapu dan ini berujung pada jerawat.

Jadi, pastikan Anda membersihkan alat make up Anda, bersihkanlah setidaknya dua kali seminggu dan keringkan di tempat yang kering dan cerah untuk mencegah bakteri menumpuk.

Kebiasaan-kebiasaan ini tidaklah sulit, bukan? Yuk, mulailah kebiasaan baik dalam menjaga kebersihan wajah dan lakukan perawatan sederhana agar wajah senantiasa terjaga dari jerawat. Selamat mencoba, ladies!