Ini 5 Cara Agar Laptop Aman Dari Pencurian

MONITOR, Jakarta – Saat ini masyarakat harus berhati-hati dalam menjaga kerahasiaan data. Maraknya kejahatan dalam penyalahgunaan akan data, membuat masyarakat dituntut bersikap waspada.

Ya, salah satu bentuk kewaspadaan itu masyarakat disarankan agar selalu menjaga laptop jika sedang di luar ruangan, bahkan diupayakan agar laptop diberikan pasword.

Berikut ini lima cara sederhana untuk melindungi informasi pribadi Anda di laptop.

1. Tempelkan Kamera

Ini adalah cara klasik. Namun, cukup efektif untuk mencegah para peretas (hacker) memasuki kamera, membuat perekaman video tanpa izin. Meskipun sistem operasi semakin aman dan program antivirus telah meningkatkan keamanan, tidak ada yang mutlak. Karena itu, menempelkan kamera saat laptop tidak digunakan dianggap sebagai cara yang sederhana dan efektif untuk diterapkan.

2. Amankan Dengan Kata Sandi Khusus

Pengaturan kata sandi hanya mencegah perubahan pengaturan default dalam memilih perangkat boot (biasanya hard drive). Ini adalah cara untuk mencegah beberapa hacker sengaja mengubah kata sandi melalui alat untuk mengakses mesin yang tidak sah. Selain itu, Anda dapat menambahkan 'Kata Sandi Pengguna' sebagai lapisan kata sandi kedua untuk masuk ke mesin.

3. Kunci Kensington

Kunci Kensington adalah semacam kunci gembok yang ditempelkan di bagian sisi atau bagian tertentu di laptop. 
Kunci gembok tersebut dilengkapi dengan beberapa meter rajutan tali logam yang susah dipotong karena terbuat dari bahan-bahan khusus. 
Untuk menghindari laptop dari pencurian, maka anda dapat menggunakan kunci Kensington. Menggunakan kunci Kensington sangat praktis. Tali dililitkan melingkar ke meja atau benda berat lainnya kemudian Pad Key dimasukkan ke ujung tali yang berbentuk lingkaran. Sangat sulit bagi pencuri untuk mengambil laptop tersebut. Sangat sulit melepaskan ujung Pad Key yang sudah menempel.

4. Sensor Sidik Jari

Sensor sidik jari pada laptop bukanlah fitur keamanan baru. Selain mengamankan informasi pribadi, sensor sidik jari membawa kenyamanan bagi pengguna saat mereka tidak perlu mengingat kata sandi, cukup sentuh untuk masuk.

5. Gunakan Sistem Operasi Hak Cipta

Menggunakan sistem operasi bajakan (ilegal) mengandung banyak risiko keamanan. Jadi disarankan Anda hanya menggunakan sistem pada laptop yang sudah ada hak ciptanya.