Kesehatan

Saat Jerawatan, Lima Makanan Ini Sebaiknya Kamu Hindari

Ilustrasi gambar (net)

MONITOR, Jakarta - Sekarang ini sudah banyak jenis makanan dan minuman yang diproduksi, makanan dan minuman yang biasa kita makan haruslah memenuhi asupan yang seimbang untuk tubuh kita. Jika makanan dan minuman yang dikonsumsi tidak sesuai dengan apa yang dibutuhkan tubuh, tidak menutup kemungkinan tubuh akan kekurangan energi dan timbul beberapa efek samping.

Seperti jerawat, jerawat sebenarnya tercipta dari debu dan kotoran / lemak berlebih yang akhirnya mengendap dalam kulit. Asal kalian tahu ada beberapa makanan yang harus dihindari jika sedang jerawatan, dilansir dari droz-Indonesia beikut adalah beberapa daftar makanan yang harus dihindari saat sedang jerawatan.

1. Permen dan Cokelat bisa Merusak Kolagen

Jika Anda sedang jerawatan, maka sebaiknya hindari makanan yang mengandung gula banyak. Karena gula bisa mengakibatkan kadar gula darah naik. Kadar gula darah yang tinggi bisa mengakibatkan hormon penyebab jerawat meningkat. Dan selain itu gula juga bisa menyebabkan kolagen, serta serat elastin pada kulit menjadi rusak.

Jadi, tidak mengherankan bila gula bisa mengakibatka kulit menjadi kering. Kulit yang mengering akan menyebabkan penumpukan sel kulit mati di pori-pori dan pada akhirnya akan menjadi jerawat yang bisa menggangu penampilan. Sebaiknya untuk menghindari jerawat, hindarilah makanan yang manis-manis seperti permen, gula-gula, dan juga permen cokelat.

Sebaiknya beralihlah pada buah-buah yang penuh nutrisi dan vitamin yang bisa membuat kulit Anda menjadi lebih sehat, dan tak jerawat tidak akan muncul lagi. Apabila kesehatan kulit terjaga kesehatannya, maka Anda tidak akan jerawatan lagi.

2. Gluten Bisa Menimbulkan Masalah Pencernaan dan Peradangan

Beberapa makanan yang mengandung gluten tinggi adalah pasta, roti gandum, sereal, serta tepung terigu. Gluten sendiri bisa menyebabkan masalah pencernaan dan peradangan. Disaat pencernaan terganggu maka kulit juga akan cenderung rentan untuk mengalami jerawat.

Hal ini bisa menyebabkan kulit mudah mengalami komedo maupun jerawat. Car yang baik untuk memperkecil risiko jerawat semakin parah adalah berhenti makan makanan yang mengandung gluten tinggi agar jerawat tidak tambah parah.

3. Minuman Bersoda mengandung Aspartam

Bagi Anda yang sedang jerawatan, sebaiknya hindari minuman bersoda. Selain mengandung gula yang tinggi yang bisa meningkatkan kadar gula darah, minuman bersoda juga mengandung aspartam.

Hal ini bisa menyababkan peradangan dalam tubuh serta menurunkan pH. Tidak mengherankan jerawat akan muncul dan bertambah parah apabila Anda terlalu sering minum bersoda.

Sebaiknya Anda jangan terlalu sering mengonsumsi minuman bersoda, gantilah dengan air mineral sebanyak 2 liter setiap harinya, atau setara sekitar 8 gelas perhari. Rutin minum air putih dan mencukupi cairan bisa membantu kulit teregenrasi. Sehingga hal ini bisa membantu penyembuhan jerawat dan bekas jerawat secara cepat.

4. Makann Cepat Saji

Jika Anda hobi dengan makanan cepat saji, maka sebaiknya hentikan dulu kesukaan Anda jika jerawat di wajah ingin cepat hilang. Makanan cepat saji mengandung gula dan lemak yang tinggi yang mengakibatkan diabetes, lemak di bagian perut berlebih, serta peradangan.

Makanan kemasaan biasanya mengandung perasa, serta bahan kimia lainnya. Hal ini bisa memicu reaksi aergi dan peradangan pada jerawat. Jika Anda sedang jerawatan, maka sebaiknya hindari dulu makanan cepat saji.

5. Makanan Pedas

Siapa sangka ternyata makanan pedaas bisa menyebabkan jerawat semakin parah. Hal ini karena saat mengonsumsi makanan pedas, wajah akan menjadi kemerahan. Hal ini disebabkan sirkulasi yang naik kewajah akan meningkat. Jerawat bisa muncuk karena hal ini. Tak hanya itu, mengonsumsi makanan pedas terlalu banyak juga tidak baik untuk kesehatan pencernaan, seperti yang Anda ketahui, kalau pencernaan bermasalah maka bisa berakibat pada kulit yang memunculkan jerawat.

(SKW)

Terpopuler