Hiburan

Foto Dua Monyet yang Menyedihkan Menjadi Sorotan Dunia

Ilustrasi gambar (net)

MONITOR Jakarta - Monyet merupakan hewan yang memang habitatnya hidup di alam liar, namun ada beberapa orang yang juga memelihara monyet di rumahnya ada yang memang merawatnya dengan benar, ada juga yang asal-asalan merawatnya hanya ditaruh didalam kandang, tidak pernah dibersihkan, dan hanya untuk sebagai hiburan.

Seperti yang kita ketahui hiburan Topeng Monyet memang sudah ada sejak dulu, dimana monyet yang tampil dapat melakukan berbagai atraksi seperti naik sepeda, memakai topeng, maen kudang luping, dan masih banyak lagi.

Tapi sayangnya banyak oknum hiburan topeng monyet yang malah memperlakukan monyetnya dengan se enaknya, sudah banyak laporan tentang oknum para pelaku topeng monyet ini seperti jarang memberi makan, menaruh dikandang yang sempit dan kotor, mengikat rantai dileher monyet sangat kencang, sampai berbuat kasar supaya si monyet menurut.

Baru-baru ini ada sebuah foto tentang nasib dua monyet ekor panjang di Indonesia, jadi sorotan masyarakat dunia. Foto ini membuat geger karena diabadikan saat keduanya sedang dalam kondisi disiksa.

Foto primata bernama latin Macaca Fascicularis ini diabadikan dan unggah seorang ahli biologi bernama Joan de la Malla di akun Instagram pribadinya.

Dalam foto itu, tampak dua ekor monyet, yaitu seekor monyet betina dewasa dan anaknya, sedang berusaha saling berpelukan. Tapi, hal itu tak terwujud, sebab keduanya monyet itu dalam kondisi terpisah dan diikat rantai dalam jarak sekitar satu meter.

Mirisnya, rantai yang terbelit di leher keduanya tampak sengaja dibuat pendek sehingga monyet kecil tak dapat mendekap ibunya.



Foto ini membuat pengguna media sosial yang melihatnya jadi terenyuh, karena akhirnya anak monyet hanya bisa memegangi tangan ibunya dan itu juga dilakukan dengan kepala tertarik rantai besi.

Saat momen ini terabadikan, terlihat mata kedua monyet berkaca-kaca seperti sedang menangis.

Dalam keterangan pada foto, La Malla menuliskan bahwa foto ini diabadikannya di Jakarta, ketika melakukan penelitian tentang primata. Dia mengatakan, bahwa apa terjadi pada keduanya monyet ini adalah cara tukang hiburan keliling topeng monyet agar satwa ini jinak dan bisa dilatih untuk diperbudak mencari uang.

(SKW)

Tags Monyet