Rabu, 24 April, 2024

Dua Ruas Jalan Tol Trans Sumatera Resmi Beroperasi

MONITOR, Bakauheni – Dua ruas Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS) resmi beroperasi. Itu setelah pagi ini, Minggu (21) Presiden Joko Widodo meresmikan Tol Bakuheni-Terbanggi Besar segmen Pelabuhan Bakauheni dan segmen Lematang-Kotabaru, sepanjang 14,54 km tersebut.

Rincian kedua ruas tol yang diresmikan Presiden ini adalah Seksi 1 (Pelabuhan-Bakauheni) sepanjang 8,9 km dan Seksi 5 (Lematang-Kotabaru) sepanjang 5,64 km.  Seksi I dibangun oleh PT PP, sedangkan Seksi 5 dikerjakan PT Waskita Karya (Persero) Tbk.

"Saya mendorong agar jalan tol dari Bakauheni hingga Palembang selesai sebelum pelaksanaan ASEAN Games," kata Presiden Jokowi.

Jokowi yakin jalan tol ini akan selesai sesuai waktu, meskipun masih ada masalah pembebasan lahan.  Dia juga menyebut JTTS sangat penting karena menjadi proyek strategis nasional.

- Advertisement -

Menurut Presiden, ruas Bakauheni-Terbanggi Besar sepanjang 140,9 km menelan biaya sekitar Rp16,8 triliun.

"Manfaat jalan tol itu akan dirasakan masyarakat Sumatera khususnya Lampung," tegas Jokowi.

Selain proyek strategis itu,di Lampung juga dibangun proyek lain seperti Waduk Waysekampung yang tahap pengerjaannya baru 15 persen, serta infrastruktur fundamental lainnya seperti pelabuhan, pembangkit listrik, bandara, dan jalan.

"Pembangunan infrastruktur itu akan mengurangi biaya logistik sehingga barang akan menjadi murah," tandas Jokowi.

- Advertisement -

BERITA TERKAIT

TERPOPULER