Kesehatan

Diet Anda Salah? Begini Akibatnya

Ilustrasi gambar (net)

MONITOR, Jakarta - Siapa yang tidak mau mempunyai tubuh yang ramping dan indah, setiap orang khususnya para wanita pasti menginginkan mempunyai bentuk tubuh yang seperti itu, berbagai macam cara pun dilakukan dari mulai olahraga, mengurangi porsi makan, dan ada yang sampai tidak makan sekali.

Dikutip dari gadis Diet yang salah dan asupan makanan yang tidak seimbang dapat membuat tubuh malah menjadi lemas, rasa lapar yang bertambah, dan hal-hal lainnya. Berikut adalah dampak buruk bagi tubuh akibat melakukan diet yang salah.

1. Malnutrisi
Kebutuhan gizi kita nggak terpenuhi karena memilih jenis diet yang salah. Misalnya, diet karbo, diet rendah kalori yang nggak dibarengi dengan gizi seimbang, atau justru diet dengan cara nggak makan apa-apa sama sekali. Padahal, tubuh juga membutuhkan karbohidrat yang diubah menjadi glukosa dan tenaga. Kita juga membutuhkan kalori yang cukup untuk beraktivitas dengan baik dan melancarkan metabolisme. Sehingga, ketika kita nggak mengonsumsi nutrisi yang dibutuhkan tubuh, kita akan mengalami mal nutrisi yang memicu berbagai penyakit dan infeksi.

2. Sakit-sakitan
Kurangnya asupan makan atau nggak tercukupinya gizi seimbang karena salah diet ini bisa mengganggu metabolisme dan kondisi fisik kita. Kita akan menjadi mudah lelah, susah konsentrasi, hingga memicu penyakit maag. Kalau kondisinya bertambah parah, kita bisa terkena berbagai penyakit lain yang mengganggu sistem kekebalan dan pencernaan. Bahkan, ini juga bisa mempengaruhi psikologi kita sehingga menjadi mudah marah dan depresi.

3. Berat Badan Naik
Tujuan diet adalah menurunkan berat badan. Sayangnya, saat kita salah diet, berat badan justru nggak akan berkurang sama sekali. Malah angka di timbangan akan bertambah. Bisa juga sih, berat badan turun drastis, tapi cepat kembali ke berat semula. Faktornya bisa disebabkan oleh berbagai hal. Seperti kekurangan asupan buah dan sayur hingga diet coke yang justru tinggi gula dan kalori. Selain itu, diet yang salah tanpa olahraga teratur justru bikin kita menimbun lemak terus menerus dan menambah berat badan.

4. Muncul Selulit
Proses metabolisme yang terganggu karena salah diet ini juga bisa menimbulkan selulit, lho! Selulit merupakan lemak yang nggak terbakar sempurna dan disimpan di berbagai bagian tubuh seperti paha, lengan atas dan bokong. Jadi, akan timbul garis-garis bergelombang dan tak rata yang bisa merusak penampilan kita.

(SKW)