Kesehatan

Baik Mana, Minum Air Hangat atau Dingin Setelah Makan?

Ilustrasi gambar (net)

MONITOR, Jakarta - Makanan dan minuman merupakan hal biasa yang kita kosumsi sehari-hari. Minuman yang dingin tentu saja lebih banyak digemari orang dibandingan minuman hangat apa lagi jika tinggal di negara yang beriklim tropis.

Tapi lebih baik mana minum air dingin atau hangat setelah makan ada apa saja efek yang diperoleh dari minuman tersebut dikutip dari doktersehat, menurut ilmu kedokteran, minum air dingin setelah makan akan membekukan makanan berminyak yang baru dikonsumsi. Kebiasaan minum air dingin setelah makan akan mempersempit saluran usus. Membekunya makanan berminyak yang baru dimakan akan memperlambat proses pencernaan.

Lemak-lemak yang terbentuk dalam usus akan mempersempit saluran pencernaan dan lama kelamaan akan menyebabkan lemak berkumpul. Hal ini dapat menyebabkan Anda semakin gemuk sehingga tubuh mudah terserang bibit penyakit.

Untuk mencegah terjadinya hal buruk pada Anda sebaiknya ganti kebiasaan minum es setelah makan dengan minum air hangat. Selain menyegarkan, minum air hangat dapat membantu penyerapan sari-sari makanan lebih baik.

Kurangi kebiasaan meminum-minuman dingin baik yang telah didinginkan di kulkas atau dicampur es. Minuman yang dingin bisa mengakibatkan mengkerutnya saluran-saluran darah dari yang besar hingga sekecil diameter rambut kita.

Konsumsi Air Hangat Dapat Mengurangi Munculnya Serangan Jantung

Bagi penderita jantung koroner berapapun persentase penyumbatannya, akan memudahkan terjadinya serangan jantung apabila terbiasa minum air dingin. Hal demikian karena saluran koronernya bisa mengeras dan atau mengkerut sehingga lubang salurannya bisa mengecil yang pada gilirannya dapat menghambat laju dari ke jantung. Oleh karena itu, untuk menghambat proses mengkerut dan mengerasnya saluran koroner, biasakanlah meminum air hangat.

Bagi mereka yang mendapat serangan jantung koroner, ada baiknya minum air panas yang layak diminum untuk mengembangkan saluran koronernya, memperlancar laju darah, sebelum diambil tindakan medis selanjutnya.

Setiap orang harus mengenali tanda-tanda serangan jantung terutama jantung koroner. Apabila tangan sebelah kiri merasakan sering pegel-pegel mulai dari jari tangan hingga bahu dan kemudian diikuti seringnya kesemutan. Kemudian, rasa sakit di dada sebelah kiri hingga tembus ke punggung. Selanjutnya diikuti rasa pusing, sesak nafas dan berkeringat dingin. Maka gejala-gejala demikian adalah awal atau permulaan serangan jantung. Apabila kita mengenali gejala tersebut, maka segeralah melakukan tindakan yang diantaranya minum air panas, sebelum meminum obat-obat untuk mengencerkan darah.

(SKW)