Megapolitan

Siapkan Operator LRT Andal, Jakpro Gandeng PPSDMPD

PT Jakpro tandatangani MoU bersama PPSDMPD

MONITOR, Jakarta - Tidak lama lagi masyarakat Jakarta akan menikmati adanya angkutan massal Light Rail Transite (LRT). Sejumlah persiapan dilakukan PT Jakpro, diantaranya menyiapkan Sumber Daya Manusia (SDM) dalam penyelenggara dan perawatan LRT.

Untuk menyiapkan SDM yang handal, PT Jakpro pun mengandeng Pusat Pengembangan Sumber Daya Manusia Perhubungan Darat (PPSDMPD) untuk bisa diajak kerjasama. Penandatanganan MoU dilakukan di Kementerian Perhubungan, Jakarta, Jumat (19/1).

Kesepakatan dituangkan dalam naskah Kesepakatan Bersama yang ditandatangani oleh Kepala PPSDMPD, Pepen Supendi Yusup dan Direktur Utama PT Jakpro, Satya Heragandhi.

“Dengan MoU ini, diharapkan bisa mencetak tenaga kerja yang andal di bidang operasi dan perawatan,“ ujar Direktur Utama PT Jakpro, Satya Heragandhi

Untuk menghasilkan tenaga profesional, SDM yang direkrut harus memenuhi syarat yang dibuktikan dengan sertifikat kelulusan dari lembaga yang terakreditasi oleh Direktorat Jenderal Perkeretaapian.

“Saat ini, kami sedang melakukan proses rekrutmen tenaga operasional dan perawatan sehingga pada pelaksanaan Asian Games pada Agustus 2018, LRT sudah beroperasi,” imbuh Satya.

Kepala BPSDMP, Djoko Sasono, menambahkan kerja sama ini merupakan salah satu bentuk sinergi Kemenhub dengan berbagai pihak.

“Menteri Perhubungan, Bapak Budi Karya, meminta kami untuk meningkatkan kerja sama seperti ini. Jadi penyiapan SDM dilakukan paralel dengan pembangunan infrastruktur, jadi begitu pembangunan LRT selesai, maka SDM kompeten pun sudah tersedia,” jelas Djoko.

(tsar)