Sabtu, 20 April, 2024

Warga Jakarta Ingin Miliki Rumah DP 0 Rupiah, Ini Syaratnya

MONITOR, Jakarta – Gubernur Jakarta, Anies Baswedan merealisasikan janji kampanyenya terkait memberikan kemudahan warga Jakarta untuk memiliki rumah tanpa Down Payment (DP) alias DP 0 persen.

Hunian tanpa DP ini pun sudah dibangun Pemprov DKI yakni dikawasan  di Pondok Kelapa, Jakarta Timur dengan jumlah 703 unit dalam satu tower dari dua tower yamg direncanakan. 

PD Pembangunan Sarana Jaya yang dipercaya mengerjakan proyek ini, menargetkan pembangunannya untuk satu tower selesai pertengahan 2019.

"Hunian tanpa DP ini diperuntukan khusus warga Jakarta yang masuk dalam kategori berpenghasilan rendah, hanya berpenghasilan dibawah Rp 7 juta perbulan," ungkap Anies, saat Ground Breaking, Hunian DP 0 persen di Jalan H. Naman, Pondok Kelapa, Jakarta Timur, Kamis (18/1).

- Advertisement -

Selain itu, syarat lainnya adalah warga tersebut memang belum memiliki rumah. Mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan itu menambahkan, pendaftaran untuk membeli rumah tersebut akan dihimpun melalui Badan Layanan Umum Daerah (BLUD).

Anies menyebut BLUS hingga saat ini belum terbentuk. Menurutnya, BLUD dibentuk pada April 2018.

“Proses pendaftarannya dan lain-lain lewat situ, mudah-mudahan bulan April kita sudah selesai BLUDnya. Dan nanti BLUD yang akan mengelola proses penerimaan, pendaftaran bagi warga yang ingin mendapatkan rumah di projek ini, juga di projek-projek yang lain,” pungkas Anies.

Dari informasi yang dihimpun Monitor,  harga per unit Klapa Village hunian DP 0 rupiah untuk yang tipe 36 adalah Rp320 juta rupiah, untuk tipe 21 harganya Rp185 juta.

- Advertisement -

BERITA TERKAIT

TERPOPULER