Megapolitan

Izinkan Becak Beroperasi, Anies: Kota ini Juga Milik Mereka yang Masih Miskin

Ilustrasi gambar (net)

MONITOR, Jakarta - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menyatakan, kendaraan roda dua alias becak boleh beropersi di Ibu Kota. Kebijakan ini dikeluarkan Anies atas nama keadilan

"Ini yang dinamakan maju kotanya bahagia warganya," kata Anies di lapangan IRTI Monas, Jakarta Pusat, Selasa (16/1) kemarin.

Kata Anies, dengan memberikan peluang becak kembali beroperasi di Jakarta, sebagai wujud merealisasikan kampanyenya yang akan merangkul warga Jakarta yang tersingkir.

"Para tukang becak kan tersingkir karena usaha mereka dilarang. Ini perlu dicatat, kota ini juga milik mereka yang masih miskin. Kalau yang kaya dapat kesempatan untuk berkegiatan di sini. Kenapa yang miskin harus dilarang," tegas Anies.

Sambung Anies, berilah kesempatan juga untuk mereka yang miskin. Dan abang becak yang selama ini bekerja di kampung-kampung, mereka juga ingin hidup sejahtera dan bisa mendapatkan penghasilan yang baik. "Nah tugas saya yang mengatur untuk itu,” terangnya.

Anies mengatakan, selama ini becak belum benar-benar punah dari Jakarta. Anies menyebut becak masih beroperasi di kawasan Jakarta Utara. Kebijakan itu menurut Anies diputuskan atas kesepakatan dengan warga yang disebut Anies membutuhkan jasa becak.

“Kenyataannya selama ini becak itu ada di Jakarta. Jadi bukan kita mendatangkan. Tinggal kita atur keberadaannya," ujarnya.

Lebih lanjut, Mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan itu menegaskan bahwa becak akan beroperasi sebagai angkutan lingkungan (angling). Becak hanya akan beroperasi di dalam perkampungan dan pemukiman penduduk. Anies memastikan becak tidak akan ditemui di jalan protokol di ibukota.

“Kita tidak pernah merencanakan becak di jalan raya. Becak ini di dalam kampung. Jangan berimajinasi bahwa becak akan berada di jalan-jalan utama Jakarta,” tegas Anies.

Dikatakan Anies Pemprov DKI Jakarta akan menggandeng Jaringan Rakyat Miskin Kota (JRMK) untuk mengatur rute dan jumlah becak yang akan beroperasi. Anies mengatakan becak akan beroperasi di setiap perkampungan di Jakarta.

“Nanti di tiap tempat ada. Kemarin pembicaraan dengan Jaringan Rakyat Miskin Kota, mereka sudah ada titik-titiknya, gambarnya. Jadi mengatur yang selama ini ada. Hanya selama ini kejar-kejaran,” pungkas Anies.

(tsar)