Sains

Mengenal George Simon Ohm, Penemu Teori Dasar Kelistrikan

George Simon Ohm

MONITOR - Listrik telah menjadi kebutuhan vital hampir di keseluruhan waktu yang kita jalani sehari-hari. Sumber-sumber energi baru dicari dan digali demi untuk membangkitkan tenaga listrik. Bahkan, di daerah perkotaan terutama pusat-pusat industri, jika terjadi kerusakan dan berakibat pada padamnya listrik, potensi ekonomi yang bernilai trilyunan bisa turut padam.

Demikian juga, perkembangan teknologi yang saling berkejaran antara penemuan yang satu dan yang lainnya, tanpa listrik, kecepatannya seperti kendaraan yang direm mendadak. Teknologi sangat bergantung pada energi listrik.

Tahu kah anda? Hari ini, sudah lebih dari satu setengah abad silam sang penemu teori dasar kelistrikan, George Simon Ohm meninggal di usia 67 tahun, tepatnya 15 Januari 1854. Ia adalah salah seorang matematikawan dan fisikawan Jerman yang masyhur.

Ohm dilahirkan tahun 1787 dan selanjutnya menimba ilmu di University of Erlangen. Gelar doktornya diraih diusia yang masih belia, 24 tahun.

Temuan teorema-teorema listrik yang lebih kompleks didasari oleh hukum dasar listrik hasil riset Ohm. Inovasi Ohm kemudian dikenal sebagai ‘hukum Ohm’.

Hukum Ohm menyatakan besar arus yang mengalir dalam rangkaian tertutup adalah berbanding lurus dengan besar tegangan yang terdapat pada jepit catu daya dan berbanding terbalik dengan hambatan (resistor) yang dilewatinya.

Ohm terpakasa mengundurkan diri dari pekerjaannya disebabkan perlakuan tidak menyenangkan oleh rekan-rekan kerjanya. Hasil inovasinya dilecehkan oleh teman-teman sejawat waktu Ohm mempublikasikannya.

Yang menarika adalah, Ohm mengawali karirnya sebagai guru di sekolah menengah. Berkat ketekunan dan konsistensinya, teori yang ia kembangkan mulai dikenal oleh khalayak. Tak ayal, tahun 1833 ia diganjar dengan penghargaan sebagai profesor bidang matematika dan fisika di Nerenberg University.

Proses tidak akan mengkhianati hasil, demikian kata seorang teman. Seperti dibuktikan oleh Ohm. Ahli-ahli kelistrikan patut berterimakasih kepadanya. Temuannya menginspirasi banyak orang. Inovasinya menuntun para pakar dalam mengembangkan teknologi paling mutakhir.

(jml)