Jumat, 29 Maret, 2024

Ribuan ‘Kids Jaman Now’ Tanam Mangrove di 10 Kota

MONITOR, Jakarta – Ribuan anak-anak generasi milenial memadati Blok Elang Laut Taman Wisata Alam Angke Kapuk, Balai Konservasi Sumberdaya Alam, Jakarta, Minggu (14/01). Mereka berkumpul dalam rangka kick off penanaman 10 ribu batang Mangrove yang dilaksanakan di 10 kota.

Mewakili Menteri LHK, Dirjen Pengendalian Daerah Aliran Sungai dan Hutan Lindung Hilman Nugroho mengatakan kepada anak-anak yang hadir, bahwa Presiden RI Joko Widodo menghimbau agar setiap warga negara Indonesia menanam setidaknya 25 pohon seumur hidup.

"Lima pohon ketika SD, lima pohon ketika SMP, lima pohon ketika SMA, lima pohon ketika kuliah dan lima pohon ketika akan menikah," kata Hilman.

Penanaman kali ini lebih difokuskan pada tanaman mangrove di wilayah-wilayah pesisir Indonesia. Harapanya yakni dapat memberikan manfaat besar bagi lingkungan dan masyarakat. Pasalnya mangrove bermanfaat sebagai penyerap polutan, pencegah intrusi air laut, penelitian dan pendidikan, penyimpanan karbon, wisata alam, tempat pemijahan aneka biota laut, pelindungan garis pantai dari abrasi dan tsunami, penyedia hasil hutan kayu dan hutan bukan kayu, serta tempat berlindung dan berkembang biaknya berbagai jenis fauna ekosistem payau.

- Advertisement -

"Mangrove bermanfaat menyerap karbon lima kali lipat dari tanaman daratan. Hasil yang diperoleh dari pemanfaatan kayu atau pohonnya hanya lima persen, sisanya 95 persen dapat digunakan untuk jasa lingkungan . Namun jika pohonnya tidak ada, hasil turunannya juga toidak didapat." terangnya.

Selain di Jakarta, penanaman juga dilaksanakan serentak di 9 kota lainnya, yaitu Banda Aceh, Medan, Padang, Lampung Timur, Cirebon, Semarang, Yogyakarta, Surabaya, dan Makasar, dengan total yang ditanam 10.000 batang mangrove. Penanaman di seluruh Indonesia, dilaksanakan dengan melibatkan 3.650 anak-anak usia 6 – 20 tahun dari Koalisi Lestari Hutanku (KLH) yang diketuai oleh Seto Mulyadi (Kak Seto), dan Jefri Nichol Fans Club (JNFC).

Dalam sambutan singkatnya, Kak Seto memberikan motivasi kepada anak-anak untuk aktif dalam kegiatan peduli lingkungan sambil meneriakkan yel-yel: “Kids Jaman Now Peduli Lingkungan Lestarikan hutan”. 

“Semoga kegiatan yang kita lakukan hari ini, dapat menjadi contoh dan ditiru oleh masyarakat dan artis lainnya”, ungkap Kak Seto. 

 

- Advertisement -

BERITA TERKAIT

TERPOPULER