Kamis, 28 Maret, 2024

Panen Padi Serentak Berlangsung di Konawe

MONITOR Konawe –  Panen Padi di Kecamatan Pondidaha, Konawe, Sulawesi Selatan telah berlangsung sejak Desember 2017 hingga saat ini. Bahkan hari Sabtu, 13 Januari 2018, panen masih berlangsung di beberapa desa diantaranya Lalonggotomi, Wonua Monapa, Belatu dan Laloika. 

Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Konawe, I Nyoman Trima menyatakan, dari luas sawah di Kecamatan Pondidha 1.973 ha sudah di panen sekitar 60%.

"Produktivitas yang dicapai dari panen tersebut bervariasi antara 4 – 7 ton per-ha," katanya. 

Adapun untuk harga gabah di desa Lalonggotomi Kecamatan Pondidaha saat ini adalah Rp. 4.600 lebih rendah, dibandingkan pekan pekan sebelumnya yang mencapai 4.800 di desa lain. 

- Advertisement -

Sementara itu Peneliti BPTP Balitbangtan Sultra Zainal Abidin mengatakan, bahwa penurunan harga gabah ini karena luas panen yang terus bertambah di Konawe secara keseluruhan terutama kecamatan sentra padi seperti Lambuya, Wawotobi Wonggeduku serta Uepai. 

Penyuluh Pertanian Lapangan (PPL) di Pondidaha menyatakan, bahwa panen di Pondidaha berimpitan waktunya dengan waktu tanam. Di jelaskan bahwa, di bulan Januari ini sekitar  560 ha sawah telah siap tanam, dan sisanya akan tanam bulan Februari hingga awal Maret.

Pertanaman ini lebih cepat dibandingkan msim musim sebelumnya. Hal ini menyambut program percepatan tanam padi sawah di Kabupaten Konawe, dimana bulan Januari ini air irigasi Wawotobi yang merupakan bendungan terbesar di Sulaweai Tenggara telah di buka.

- Advertisement -

BERITA TERKAIT

TERPOPULER