Sabtu, 20 April, 2024

Terlalu Banyak Minum Kopi, Ini Dampaknya bagi Tubuh

MONITOR, Jakarta – Dijaman sekarang minuman dengan aroma yang kuat bernama kopi ini sudah tidak asing lagi semua kalangan dari mulai yang muda sampai yang tua, kalo dulu kopi identik dengan minuman orang tua yang cara pembuatannya hanya dengan diseduh dengan air lalu diberi gula. Kalo dijaman sekarang sudah banyak macam kopi yang ada dari mulai kopi luak, espreso, cappucino, americano, dan lain-lain. 

Hannya apabila mengkosumsinya terlalu sering dan berlebihan akan menyebabkan dampak yang buruk bagi tubuh, lalu akan timbul penyakit yang tidak di ingininkan dilansir beritau.net berikut adalah beberapa dampak negatif kopi jika dikosumsi berlebihan.

1. Mempengaruhi Kerja Jantung

Gambar terkait

- Advertisement -

Jantung akan memompa darah lebih cepat dari biasanya dan hal tersebut pastinya sangat mempengaruhi kesehatan anda karena dapat menurunkan fungsi kerja jantung. Serangan jantung secara tiba-tiba bisa terjadi kapan saja untuk itu hindari minum kopi secara berlebihan.

2. Menyebabkan Insomnia 

Gambar terkait

Salah satu dampak buruk yang biasa terjadi setelah kita minum kopi adalah insomnia. Mata anda akan terjaga dan anda akan kehilangan rasa ngantuk. Pastinya hal tersebut sangat berpengaruh pada kehidupan anda yang mana di keesokan harinya tubuh akan terasa lesu karena kurang tidur sehingga dapat mengganggu aktifitas kerja anda.

3. Mengganggu Kehamilan

Gambar terkait

Bagi anda seorang wanita yang tengah hamil sebaiknya untuk tidak mengkonsumsi kopi terlebih dahulu karena jika tubuh mendapat asupan kafein sebanyak 100mg perhari maka dapat menimbulkan keguguran. Kafein dapat meningkatkan denyut nadi dan hal tersebut akan mempengaruhi kondisi janin.

4. Mual 

Gambar terkait

Ketika anda minum kopi dalam jumlah banyak maka hal yang biasa terjadi anda akan merasa mual dan hal ini disebabkan karena asam lambung meningkat. Untuk itu sangat perlu dilakukan pembatasan minum kopi setiap harinya. Anda diperbolehkan mengkonsumsi kopi setiap hari tidak lebih dari 2 gelas agar kesehatan anda tetap terjaga.

5. Mengalami Gangguan Mata 

Hasil gambar untuk gangguan mata

Apa pengaruhnya kafein bagi mata? Kafein yang terdapat pada kopi dapat mempengaruhi kesehatan mata dan gangguan tersebut biasanya disebut exfoliation glaucoma. Hal ini mungkin tidak semuanya terjadi, hanya beberapa orang saja yaitu mereka yang memiliki riwayat keluarga glaucoma.

6. Mengurangi Kepadatan Tulang

Gambar terkait

Kopi bisa menjadi racun ditubuh anda karena bisa membuat tubuh mengalami kekurangan mineral. Hal ini tentunya akan berdampak buruk bagi kesehatan tulang anda. Kepadatan tulang menjadi berkurang dan menjadi rapuh, untuk itu sebaiknya gantilah kopi dengan susu yang lebih bermanfaat dan banyak mengandung kalsium.

Seperti yang telah kami sebutkan diatas, meskipun kopi memiliki dampak buruk bagi kesehatan tetapi kopi juga memiliki dampak positifnya namun jika dikonsumsi dalam jumlah yang wajar. Sesuatu yang berlebihan pasti akan menimbulkan dampak buruk dan diatas merupakan beberapa contoh kecil dari terlalu banyak minum kopi.

- Advertisement -

BERITA TERKAIT

TERPOPULER