Kesehatan

Punya Masalah Bau Mulut? Cobalah Makanan dan Minuman Ini

Ilustrasi gambar (net)

MONITOR Jakarta - Bau mulut merupakan masalah yang mengganggu dan tidak bisa dianggap sepele. Banyak faktor yang menjadi penyebab bau mulut seperti masalah kesehatan gigi, gusi dan seringknya mengkosumsi makanan-makanan yang berbau menyengat.

Umumnya orang mengatasi bau mulut dengan cara menggosok gigi, menggosok lidah, menggunakan obat kumur sampai menggunakan benang gigi secara rutin.

Namun jika bau mulut tak kunjung menghilang, berikut ada beberapa buah-buahan dan minuman yang bisa dikosumsi untuk menghilangkan bau mulut seperti dikutip dari 1health.id :

1. Stroberi

Gambar terkait
Buah sumber vitamin C ini ternyata bisa mengatasi bau mulut. Kandungan vitamin C-nya mampu membunuh bakteri dan kuman yang bisa menyebabkan bau mulut.

2. Minum teh hijau

Gambar terkait
Teh hijau mampu melindungi gigi dari kerusakan yang bisa mengakibatkan bau mulut. Kandungan senyawa aktif bernama catechin yang ada di dalam teh hijau mampu menghilangkan plak dan membunuh bakteri yang menempel pada gigi dan mulut.

3. Apel dan pir


Kedua buah ini memiliki tekstur yang sedikit keras. Hal ini membuat buah ini mampu menjadi pembersih gigi alami dengan menghilangkan sisa makanan yang masih menyelip atau menempel di gigi saat Anda memakannya.

4. Lemon

Gambar terkait
Rasa asam pada lemon mampu menetralisir bakteri penyebab bau mulut. Anda bisa mengonsumsi lemon yang dilarutkan ke dalam air putih.

5. Air putih

Hasil gambar untuk air putih
Perbanyak konsumsi air putih saat berbuka puasa dan sahur untuk menjaga agar mulut tidak kering. Sebab, kurangnya cairan bisa membuat mulut menimbulkan bau yang tak sedap.

(SKW)