Jumat, 29 Maret, 2024

Catatan Trafik Telekomunikasi Indosat Ooredoo selama Libur Natal dan Tahun Baru

MONITOR, Jakarta – Aktivitas berlibur masyarakat tidak bisa dilepaskan dengan berbagai aktivitas berkomunikasi, khususnya penggunaan sosial media untuk saling berbagi pengalaman, informasi, update status/aktivitas dan lain-lain. Peningkatan aktivitas komunikasi ini berimbas pada peningkatan trafik telekomunikasi cukup siginifikan, khususnya di berbagai wilayah wisata dan berlibur.

Selama masa liburan akhir tahun 2017 dan awal tahun 2018 ini, termasuk di dalamnya perayaan Tahun Baru 2018, jaringan telekomunikasi Indosat Ooredoo mencatat kenaikan trafik cukup signifikan, dimana saat puncak perayaan Tahun Baru pada tanggal 31 Desember 2017, trafik data mencapai 3.919,80 TeraBytes, meningkat 14,31% dari trafik hari biasa dan meningkat 88,05% dibanding trafik pada hari yang sama tahun sebelumnya.

Sementara untuk trafik suara mengalami penurunan 21,48% dibandingkan trafik hari biasa, demikian juga dengan trafik SMS turun 23,28% dibandingkan dengan trafik SMS hari biasa.

Group Head Corporate Communications Indosat Ooredoo Deva Rachman mengatakan Penurunan trafik suara dan SMS ini lebih karena tren penggunaan masyarakat saat ini lebih cenderung ke layanan data, terutama saat beraktivitas liburan dimana berbagai gambar, foto dan status lebih banyak di-posting di sosial media.

- Advertisement -

Menurut Deva, pihaknya berupaya untuk terus menjaga performansi jaringan pada saat-saat kenaikan trafik telekomunikasi bersamaan dengan peningkatkan aktivitas masyarakat di momen tertentu seperti liburan akhir tahun dan awal tahun saat ini.

"Kami terus memastikan bahwa layanan kami terus mendukung dan menemani saat-saat terbaik mereka menghabiskan liburan di akhir dan awal tahun, berbagi momen kegembiraan dan kebahagian melalui berbagai aktivitas di media sosial tentunya membutuhkan performansi layanan data terbaik,” ujar Deva.

Sebelumnya, Indosat Ooredoo telah menyiapkan jaringannya untuk mengantisipasi kenaikan trafik telekomunikasi yang diprediksi akan terjadi saat libur akhir tahun ini, dengan meningkatkan kualitas dan kapasitas jaringannya. Perusahaan telah meningkatkan semua kapasitas layanan yang meliputi suara, SMS dan Data.

"Kapasitas suara ditingkatkan menjadi 2.249 juta menit/hari (atau 37,49 juta Erlang/hari), kapasitas SMS ditingkatkan menjadi 1.011 milyar SMS/hari dan kapasitas layanan data ditingkatkan menjadi 8.262 Terabyte/hari," pungkasnya.

- Advertisement -

BERITA TERKAIT

TERPOPULER