Kesehatan

Sering Bermain Ponsel sebelum Tidur? Hati-hati terkena Dampak Buruk Ini

Gambar risiko main hp sebelum tidur (foto:Hello Sehat)

MONITOR, Jakarta - Sekarang ini kebayakan orang selalu membawa gawai atau ponselnya kemana-mana, bahkan sampai saatnya tidur pun tidak lepas dari ponsel masing-masing. Kebanyakan aktifitas yang dilakukan memang menggunakan ponsel.

Tapi tahu tidak, bahaya apa saja yang muncul akibat terlalu sering bermain ponsel saat sebelum tidur / sambil tiduran. Berikut dampak yang di timbulkan akibat terlalu sering bermain ponsel sebelum tidur / sambil tiduran.

1. Kerusakan Mata

Gambar terkait

Bermain ponsel di tempat gelap bisa memicu adanya gangguan penglihatan seperti rabun jauh, bahkan katarak. Ini di akibatkan terlalu lama menatap layar ponsel dan terpapar lampu biru ponsel akan membuat mata retina begitu tegang.

2. Kurang Konsentrasi

Gambar terkait

Kebanyakan orang yang sering bermain ponsel sebelum tidur akan lupa waktu, dan tanpa sadar sudah melewati jam tidur, hal seperti itu menyebabkan otak akan lelah dan keesokan harinya akan merasa sulit untuk belajar atau bekerja karena kurang tidur dan otak yang masih lelah bergerak. Penggunaan ponsel terus menerus secara berlebihan dapat menurunkan kapasitas memori.

3. Rentan terkena Depresi

Gambar terkait

Melatonin adalah hormon yang diproduksi tubuh untuk memberi ketenangan pada tubuh.Tapi jika melatonin sudah terganggu, otomatis akan membuat Anda kurang tidur. Lalu kalau saya sudah sering kurang tidur, tidak menutup kemungkinan bisa menyebabkan depresi.

4. Gangguan Obesitas

Hasil gambar untuk gangguan obesitas

Paparan cahaya dan radiasi ponsel dapat mengganggu hormon yang mengatur, dan mengontrol rasa lapar. Akibatnya, kamu merasa lapar meski perut sudah kenyang.

5. Gangguan Syaraf

Gambar terkait

Kebiasaan menggunakan ponel sebelum tidur, sampai tidur kurang akan membuat neurotoksin bertambah. Pada akhirnya, akan membuat sulit tidur nyenyak alias kualitas tidur. Bahayanya tentu saja mengakibatkan penyakit serius lainnya.

6. Sering Terbangun Saat Tidur

Gambar terkait

Cahaya, dan radiasi ponsel dapat mengganggu produksi melatonin, hormon yang berperan mengatur ritme tidur manusia. Tubuhmu akan menganggap cahaya tersebut sebagai pertanda bahwa hari masih cerah, sehingga kamu pun jadi sulit tidur.

(SKW)

Terpopuler