Kriminal

Jenifer Dunn terciduk lagi, Ini Komentar Pakar Psikologi

Jenifer Dunn saat berada di kantor polisi

MONITOR, Jakarta - Pakar Psikologi Forensik Reza Indragiri Amriel mengatakan tertangkapnya kembali Jenifer Dunn karena kasus penyalahgunaan narkoba pengaruhnya akan sangat ditentukan oleh kerja institusi penegakan hukum dalam hal ini kepolisian.

"Kalau perlakuannya lembut, 'mengemongi' JD, dan malah mengesankan memberi panggung promosi, JD malah bisa kian populer. Akibatnya anak-anak selanjutnya akan menangkap pesan keliru bahwa seolah status sebagai pecandu merupakan jembatan emas untuk sukses," kata Reza kepada MONITOR, Rabu (3/12).

Karena itu, menurut Reza yang juga Ketua Bidang Pemenuhan Hak Anak Lembaga Perlindungan Anak Indonesia (LPAI), pecandu narkoba dari kalangan seleb harus diberikan pemberatan sanksi pidana.

"Mereka sudah mengkhianati publik yang kadung menganggap mereka sebagai panutan. Apalagi JD adalah pelaku kambuhan," tegasnya.

Reza juga mengajak semua pihak agar memberikan sanksi sosial seperti di forum-forum kampanye anti-narkoba dijadikan sebagai contoh tentang kebejatan manusia terhadap lingkungan dan dirinya sendiri.

Sementara terkait dengan sikap Jenifer Dunn yang tampil tanpa rasa bersalah saat konferensi pers, Reza megkritik sikap tersebut.

"Ayo, Pak Polisi. Bikin presscon lagi. Hadirkan bersama narsum yang bisa menghentikan JD cengengesan di depan kamera," pungkasnya.

(jml)