Politik

Janji Sudirman Said Jika Terpilih Sebagai Gubernur Jateng

Sudirman Said

MONITOR, Jakarta - Pilkada adalah momentum penting bagi masyarakat untuk memilih pemimpin. ini kesempatan untuk melakukan evaluasi. sekaligus melakukan pembaharuan yang diperlukan. Kanu-stasi politik yang harus dilalui hanyalah instrumen. bukan tujuan akhir.

“Tujuan akhirnya adalah meyakinkan duduknya pemimpin terbaik yang akan membawa kemaslahatan bagi sebanyak-banyaknya warga.“ kata Sudirman Said di Jakarta, Selasa (2/1/).

Karena itu, penting diberikan ruang yang cukup bagi kompetisi yang sehat. kompetisi yang diikuti oleh kandidat yang berintegritas tinggi. kompeten sebagai pemimpin. punya visi jauh ke depan. dan punya misi kuat mensejahterakan rakyatnya. “Pemimpin harus purwa visi jauh ke depan. dan punya misi kuat mensejahterakan rakyatnya,” papar mantan Menteri ESDM itu.

Sebagai salah satu bakal Calon Gubernur Jawa Tengah, pria yang akrab di sapa Pak Dirman ini merasa bersyukur telah melalui proses penjaringan dan penyaringan yang sehat oleh tiga Partai Politik yaitu Partai Gerindra. Partai Amanat Nasional (PAN), dan Partai Keadilan Sejahtera (PKS). Setelah melalui proses internal yang demokratis dan terbuka. terangnya, para Pemimpin ketiga Parpol memutuskan secara formal untuk mencalonkan dirinya sebagai Calon Gubernur jawa Tengah periode 2018-2023 dalam Pilkada 2018.

"Ketiga Partai Politik ini selanjutnya memberi mandat kepada saya untuk menjaring dan menyaring kandidat Calon Wakil Gubernur yang akan menjadi pasangan dalam Pilkada 2018. Dalam proses penjaringan dan penyaringan ini, kami sepakat dengan kriteria-kriteria untuk mendapatkan calon terbaik. yaitu integritas, kapabilitas, elektabilitas, dan kompatibilitas atau kecocokan yang mencakup kesamaan visi dan nilai-nilai idealisme dalam memperjuangkan kepentingan rakyat Jawa Tengah," urai dia.

Sebagai Calon Gubernur. dirinya ingin menambahkan, idealnya calon pasangannya adalah tokoh yang memiliki penerimaan dan akar budaya yang kuat di jawa Tengah. Dan secara kualitatif saling melengkapi satu sama lain, dengan kekurangan dan kelebihan masingmasing. Sejauh ini telah muncul beberapa usulan nama, yang semakin hari semakin diyakininya sebagai tokoh-tokoh terbaik di Jawa Tengah. Tokoh dan institusi yang mengusulkan baik. nama-nama yang diusulkan juga baik.

"Hal ini patut saya syukuri sebagai kepercayaan kepada saya, dan sebagai bentuk dukungan nyata dalam proses-proses ke depan. Proses pemilihan nama-nama ini akan difinalkan dalam pekan ini,” imbuh dia.

Meskipun seluruh pimpinan partai politik pendukung telah memberi mandat kepada dirinya, Pak Dirman tetap akan menjaga fatsun. dengan terus berkonsultasi sebelum keputusan final diambil. Karena yang dipilih untuk cawagub hanya satu orang, sementara usulan nama-nama demikian banyak. Pak Dirman menyatakan, jika dirinya terpilih nama-nama yang sempat diusulkan sebagai pendamping itu akan tetap dijadikan mitra dalam membangun Jawa Tengah.

"Nama-nama yang diusulkan adalah nama-nama yang memiliki reputasi baik. Saya tentunya memerlukan pikiran dan tenaga untuk membangun Jawa Tengah.” jelas dia.

Dalam proses pemilihan Cawagub dan juga proses Pilkada selanjutnya ke depan, Pak Dirman akan bersungguh-sungguh berupaya merajut kebhinekaan dan mendorong persatuan sebanyak mungkin elemen masyarakat, baik partai politik. ormas, organisasi kebudayaan. kepemudaan. dan jejaring sosial lainnya. Karena Pilkada sesungguhnya bukanlah tujuan, Pilkada hanyalah sarana.

Tujuan akhirnya adalah mencapai tujuan bernegara yaitu: memajukan kesejahteraan umum. mencerdaskan kehidupan bangsa. mendorong agar rakyat kita mampu menjadi warga dunia. Begitupun di Jawa Tengah, siapa pun yang memimpin ke depan harus menempatkan kesejahteraan dan keadilan masyarakat sebagai tujuan akhir.

Tidak ada keadilan sosial yang dapat dicapai tanpa persatuan, sebaliknya tidak mungkin ada persatuan tanpa suasana keadilan sosial. Karena itu yang hendak saya perjuangkan sesungguhnya adalah merajut kemajemukan, mendorong persatuan untuk mewujudkan keadilan sosial.

'Saya ingin mempersatukan sebanyak mungkin elemen untuk mewujudkan cita-cita bersama. yaitu: keadilan sosial bagi seluruh rakyat. rakyat jawa Tengah tentu saja. yang tidak saja merupakan bagian dari rakyat Indonesia. tapi juga merupakan nilang punggung Republik lndonesia.” pungkas dia.

(hen)