Tips

Bahan Alami yang Dapat Memutihkan Kulit

Ilustrasi gambar (net)

MONITOR Jakarta - Siapa yang tidak ingin mempunyai kulit putih dan sehat, tentu setiap orang khususnya kaum hawa menginginkan mempunyai kulit putih dan sehat. Banyak produk kecantikan sekarang yang menawarkan berbagai macam pemutih kulit secara instan, dan tidak pernah tau efek samping yang akan di timbulkan dari produk tersebut.

Ada bahan-bahan alami yang dapat memutihkan kulit tanpa efek samping dan mudah penggunaannya. Bahan yang di pakai sangat mudah di dapatkan dan mungkin sering di kosumsi oleh kebanyakan orang.

Monitor merangkum 8 bahan alami yang dapat memutihkan kulit dan cara penggunaannya, berikut seperti yang ada di bawah ini:

1. Membuat Ramuan dari Pisang dan Madu

Madu dan pisang dapat menjadi kombinasi yang baik dan bermanfaat luar biasa demi memperoleh kulit putih, mulus dan sehat. Ada kandungan vitamin C tinggi di dalam buah pisang, jadi sudah pasti pisang mampu memutihkan kulit badan secara optimal.



Caranya: Siapkan pisang raja atau jenis lain juga boleh, lalu juga madu tidak boleh ketinggalan. Pisang tersebut bisa Anda haluskan lebih dulu menggunakan sendok hingga halus baru madu bisa ditambahkan. Setelah ramuan bentuknya mirip pasta, Anda bisa mengolesi kulit tubuh menggunakan ramuan ini. Diamkan setengah jam dan bilaslah sampai bersih menggunakan air dingin.

2. Menggunakan Jeruk Nipis

Untuk mencerahkan atau memutihkan kulit badan, jeruk nipis adalah bahan alami tepat yang tidak boleh terlupakan. Daripada memilih suntik putih yang berefek samping berbahaya, memanfaatkan jeruk nipis jelas jauh lebih aman. Karena di dalamnya terkandung vitamin C tinggi, kulit pun dapat tercerahkan, bahkan sel-sel kulit mati terangkat dengan mudah dan beregenerasi.

Gambar terkait

Caranya: Siapkan jeruk nipis yang masih segar sebanyak 1-2 buah, lalu potonglah menjadi 2 bagian. Lanjutkan dengan memerasnya, dan perasan jeruk nipis itulah yang bisa Anda gunakan untuk dioles ke badan sambil memijatnya 10 detik. Tunggu setengah jam sebelum akhirnya Anda bisa membilas dengan air dingin.

Meski sudah dibilas bersih menggunakan air, biasanya untuk pemakaian pertama kali akan menimbulkan rasa perih pada kulit. Jangan kaget juga kalau muncul kemerahan seperti ruam, tapi yang jelas efek ini terbilang wajar. Hanya saja, ketika kemerahan dan perih tak kunjung hilang, ini menandakan kulit mengalami iritasi, jadi hentikan pemakaian sesegera mungkin.

3. Menggunakan Pepaya

Cara alami lainnya yang pas untuk Anda coba karena sangat sederhana dalah menggunakan pepaya yang mengandung sifat pemutih alami. Pada buah pepaya, ada banyak nutrisi yang bakal sangat terpercaya dalam memberikan kulit tubuh Anda cahaya yang alami.

Gambar terkait

Caranya: 1 buah pepaya dapat Anda siapkan yang bisa dimanfaatkan untuk perawatan dari luar maupun dari dalam. Untuk perawatan luar, ambil sepotong pepaya untuk Anda gosok-gosokkan ke kulit badan Anda. Tunggu kering dalam beberapa menit, kemudian pakai air dingin sebagai pembilasnya. Demi mendapat hasil terbaik, Anda bisa coba makan pepaya juga setiap hari karena juga menyehatkan tubuh serta kulit secara menyeluruh.

4. Mengkombinasikan Kopi dan Gula

Sebagai minuman berkafein, kopi memang tidak baik untuk para penderita hipertensi. Namun justru karena kandungan kafein inilah yang bisa membuat kopi menjadi bermanfaat. Manfaat kopi untuk wajah dan badan sudah tak diragukan lagi asalkan mencampurnya dengan gula agar menjadi scrub yang sempurna.



Caranya: Ambil kopi bubuk seperti yang biasa Anda konsumsi dan sediakan secukupnya. Campurkan ke dalam air hangat dan tambahkan pula gula 2 sendok teh. Setelah jadi, campuran scrub ini bisa digosokkan ke area tubuh yang Anda ingin rawat secara merata. Bilas menggunakan air hangat sesudah 10-15 detik dari proses penggosokan.

5. Menggunakan Tomat

Tak hanya cara memutihkan badan secara alami, tomat pun bisa menjadi bahan aman yang digunakan sebagai cara memutihkan daerah kewanitaan Kandungan vitamin E-nya yang tinggi menjadi jaminan bahwa vitamin ini mampu memroduksi kolagen lebih, meregenerasi sel kulit, dan memudarkan flek hitam secara alami dan aman.



Caranya: Sediakan tomat 1 buah yang kemudian bisa dicuci bersih. Belahlah tomat tersebut menjadi 2 bagian, sesudah itu gosok-gosokkan lembut ke area badan yang Anda ingin lebih putih. Setelah proses pengolesan atau penggosokan, tunggu setengah jam untuk peresapan baru dibilas menggunakan air dingin hingga benar-benar bersih. Lakukan rutin setiap hari demi hasil putih yang maksimal.

6. Menggunakan Bengkoang

Sudah jelas bahwa bengkoang menjadi salah satu bahan terbaik untuk membuat badan putih alami. Sering digunakan bahan pelembab dan krim pemutih, ada baiknya Anda mencoba menggunakan dari buahnya langsung saja. Masker bengkoang sangat gampang dibuat dan bahkan bahannya sama sekali tidak mahal.

Gambar terkait

Caranya: Sediakan bengkoang secukupnya dan pastikan masih dalam keadaan segar, lalu kupaslah kemudian cuci sampai bersih. Setelah bersih, parutlah kemudian sampai benar-benar lembut dan peras parutannya. Lanjutkan dengan menyaringnya dan endapkan selama semalaman. Esok paginyalah Anda baru bisa mengambil endapan ramuan bengkoang untuk dibalurkan ke seluruh badan. Tunggu setengah jam sebelum dibilas dengan air.

7. Memanfaatkan Air Beras

Salah satu yang dapt membuat kulit putih secara alami adalah dengan memakai ramuan air beras yang sederhana. Kalau biasanya air beras Anda buang, kali ini bisa Anda coba gunakan untuk merawat kulit karena vitamin B yang ada terkandung di dalamnya termasuk tinggi. Vitamin tersebutlah yang bakal membantu membuat sel-sel kulit mati terangkat dan beregenerasi dengan sempurna. Selain lebih putih, cerah dan bersinar, permukaan kulit juga bakal dijadikan lebih halus dari sebelumnya.



Caranya: Sediakan beras yang kualitasnya terbaik sekitar 6 sendok makan saja. Lanjutkan dengan memasukkannya ke dalam sebuah wadah yang Anda sudah beri air. Kocoklah sampai airnya mengalami perubahan mirip seperti susu. Ambil kapas yang kemudian dapat Anda celupkan ke air beras tersebut, lalu oleskan kapas tersebut ke seluruh area tubuh tepat sehabis mandi. Tunggulah kira-kira selama 1 jam dan kalau sudah mulai terasa kaku, gunakan air dingin untuk membilas.

8. Menggunakan Alpukat

Alpukat tak hanya lezat dijadikan minuman jus yang ditambah dengan susu dan coklat, tapi buah ini baik juga untuk perawatan kulit. Lemak baik serta glutamin terkandung di dalamnya dan bahkan cukup tinggi sehingga mampu memutihkan kulit serta mengatasi kulit kering. Kandungan vitamin A pun termasuk tinggi sehingga mampu meregenerasi sel kulit.



Caranya: Sediakan daging buah alpukat seperlunya saja, atau biasanya hanya sekitar 1 cangkir saja. Untuk membentuk pasta, Anda memerlukan madu juga sebagai campurannya. Sehabis mandi, Anda bisa oles masker ini ke badan secara merata, tunggulah sekitar 25 menit. Selanjutnya, pakai air dingin untuk proses membilas.

(SKW)

Terpopuler