Tekno

Cara Jitu Cegah Smartphone Agar Tidak Mudah Panas

Ilustrasi gambar (net)

MONITOR Jakarta - Smartphone menjadi barang yang wajib di bawa kemana-mana bagi kebanyakan orang, entah itu untuk berkomunikasi, main game, berfoto, dan lain-lain. Dijaman sekarang sudah tidak usah repot-repot membawa berbagai barang banyak untuk kegiatan sehari-hari karna semuanya sudah ada di dalam smartphone.

Namun ada beberapa masalah yang sering mucul pada smartphone , salah satunya mudah panas, banyak faktor yang menyebabkan smartphone mudah panas, seperti terlalu lama bermain game, charger yang tidak sesuai standar pabrik. Ada beberapa tips yang bisa digunakan untuk mengatasi smartphone yang mudah panas:

1. Melepas Casing Smartphone



Secara tidak langsung casing menjebak panas yang yang seharusnya keluar dari smartphone. Jadi, apabila terlalu panas disarankan untuk melepas casing smarphone selama beberapa saat.

2. Tutup Aplikasi yang Tidak Diperlukan



Kebayakan aplikasi menggunakan resource smartphone secara berlebihan, dan tentu ini akan membuat berat kinerja mulai dari CPU, RAM, dan GPU yang akhirnya membuat daya menjadi boros dan batre menjadi panas. Jadi, tutup aplikasi yang sedang tidak digunakan untuk menghindari panas.

3. Hindari Charge Semalaman



Selain bikin baterai smartphone menjadi rusak, efek karena di charge semalaman dapat membuat komponen smartphone menjadi panas. Hindari mencharge semalaman dan charge dengan waktu yang diperlukan saja.

4. Hapus File Sampah dari Smartphone



File sampah yang ada dismartphone , mulai dari cache hingga cookies ternyata juga bisa menjadi masalah panas berlebih jika terlalu banyak dan menumpuk. Aplikasi yang digunakan untuk menghapus sampah ini bisa di instal di play store seperti CCleaner, dan Files Go.

5. Gunakan Charge Original



Menggunakan charge KW dapat meningkatkan resiko korsleting dan memberatkan kinerja baterai sehingga menimbulkan panas berlebih pada smartphone.

(SKW)