Bali-Nusa Dua

Gempita NTT Salurkan 56 Ton Benih Jagung

Gempita NTT menyalurkan sebanyak 56 Ton Benih jagung.

MONITOR Mataram -  Gerakan Pemuda Tani Indonesia (Gempita) NTT, melakukan terobosan melalui program penyaluran benih jagung sebanyak 56 ton di 3 Kabupaten Nusa Tenggara Timur. Diantaranya adalah Kabupaten Manggarai Timur, Kabupaten Kupang, Kabupaten Timor Tengah Selatan.

Koordinator Gempita NTT Daniel Nalle melihat, program yang dilakukan Gempita cukup bersinergi dengan pemerintah di 3 kabupaten dan juga Dinas Pertanian dan Tanaman Hortikultura pemerintah setempat.

"Pembagian ini telah kami sebar di 3 wilayah yang diwakili oleh koordinator masing-masing wilayah Kabupaten Manggarai Timur oleh Koordinator Damu Damians SH.MH, Kabupaten Kupang oleh koordinator Neri Paut dan Kabupaten Timor Tengah Selatan oleh Koordinator Meltho Oematan Sth," ujarnya.

“Kegiatan seperti ini kita tak boleh sia-siakan karena menyangkut Kesejahteraan dimasyarakat, sinergi antara Gempita dan Dinas Pertanian dan Tanaman Hortikultura Propinsi dan Kabupaten akan berdampak efektif bagi Masyarakat NTT,” ujar Daniel menambahkan.

Motivasi dan dukungan Kadis dan Kabid Tanaman Pangan Propinsi juga menambah spirit juang Gempita menyebarkan program Perluasan areal Jagung di Propinsi Komodo.

" Beliau-beliau ini sangat peduli pada Gempita dan kami sudah dianggap seperti anak sendiri," ujar Daniel.

Menurutnya, program tersebut merupakan bagian dari program Kementerian Pertanian untuk perluasan area tanaman jagung melalui Gerakan Pemuda Tani Indonesia (Gempita) dengan melakukan percepatan peningkatan produksi swasembada pangan di Indonesia.

Meski demikian, Daniel mengatakan gerakan ini tidak luput dari hambatan dari Dinas pertanian dibeberapa Kabupaten.

" Ada dinas kabupaten yang tidak mau petani mengakses bantuan secara mudah dan cuma-cuma," ungkapnya.

Daniel menambahkan, hingga saat ini kooordinator daerah semua kab dari 22 kabupaten sudah terbentuk turut sukseskan pertanian NTT yg semakin percepat bisa berkontribusi di level nasional.

" Kita targetkan perluasan areal Jagung 100 ribu Ha tahun depan. Mudah-mudahan Kesempatan kecil yang diberikan pemerintahan Jokowi untuk Anak-anak Muda NTT bangunkan Pertanian dipelosok tidak surut hanya karena hambatan Oknum dinas pertanian di Propinsi Komodo ini." pungkas Daniel.

(tsar)

Terpopuler