Selasa, 23 April, 2024

DPR Imbau Masyarakat Berhemat Energi

MONITOR Jakarta – Ketua Komisi VII DPR RI Gus Irawan Pasaribu mendorong pemanfaatan efisiensi gas dalam negeri dengan cara konversi dari bahan bakar minyak ke bahan bakar gas, dengan memaksimalkan pemanfaatan gas untuk transportasi, rumah tangga dan industri.

Hal itu menurutnya tak lepas dari faktor minimnya produksi minyak bumi Indonesia yang tak berimbang dengan kebutuhan bahan bakar minyak, baik untuk kebutuhan transportasi maupun industri terus meningkat. 

“Dengan konversi dan memaksimalkan pemanfaatan gas, maka kebutuhan kita akan sumber energi dari gas bumi juga semakin meningkat," ujarnya baru-baru ini saat bertemu jajaran direksi PT PGN.

Ia menjelaskan, saat ini gas bumi merupakan sumber energi yang sangat vital, baik untuk kebutuhan operasional pembangkit listrik, industri, bahan bakar kendaraan bermotor, kebutuhan rumah tangga serta kebutuhan lainnya. 

- Advertisement -

"Pemanfaatan gas bumi ini, disamping lebih efisien juga tentunya lebih ramah lingkungan,” jelasnya.

Senada dengan Gus Irawan, Anggota Komisi VII DPR RI Kurtubi menilai, dengan penggunaan gas baik masyarakat maupun pemerintah memiliki keuntungan yang sama. Masyarakat dan pemerintah bisa bersama-sama mengehmat pengeluaran.

“Dengan memindahkan rakyat yang memang memungkinkan untuk disambungkan dengan jaringan gas, tentunya ini baik sekali untuk kepentingan APBN kita maupun rakyat yang memperoleh jaringan gas ini dibandingkan jika harus menggunakan tabung elpiji,” ungkapnya.

- Advertisement -

BERITA TERKAIT

TERPOPULER