Kamis, 28 Maret, 2024

Dukungan Indonesia untuk Palestina Menuai Pujian

MONITOR Istanbul –Komitmen pemerintah Indonesia dalam memberikan dukungan terhadap perjuangan Palestina mendapat apresiasi dari sejumlah negara, termasuk Palestina.

Apresiasi tersebut bahkan disampaikan langsung oleh Presiden Palestina Mahmoud Abbas, kala bertemu Presiden Joko Widodo (Jokowi) sebelum melakukan kegiatan sesi foto bersama Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Luar Biasa Organisasi Kerja Sama Islam (OKI), Rabu (13/12).

"Presiden Palestina menyampaikan terima kasih yang mendalam dan penghargaan yang tinggi atas dukungan Indonesia terhadap Palestina," ujar Menteri Luar Negeri Retno yang turut mendampingi Presiden selama KTT LB OKI berlangsung.

Presiden Abbas sempat menyebut Indonesia merupakan negara di luar Timur Tengah yang paling aktif memperjuangkan hak-hak Palestina.

- Advertisement -

Tak kalah penting, Raja Yordania Sri Baginda Raja Abdullah II Bin Al-Hussein juga mengapresiasi dukungan Indonesia kepada perjuangan rakyat Palestina.

Raja Yordania dikenal juga sebagai penjaga dan perawat Masjid Al-Aqsa. Masjid suci yang berada di Yerusalem yang perawatannya dibiayai oleh Departemen Wakaf Yordania.

Diketahui sebelumnya, Presiden Jokowi dalam pidatonya kembali menegaskan dukungan Indonesia terhadap perjuangan Palestina yang akan terus meningkat, mulai dari dukungan politik, ekonomi, hingga kebijakan luar negeri.

“Dalam setiap helaan napas diplomasi Indonesia, di situ terdapat keberpihakan terhadap Palestina,” ucap Presiden.

- Advertisement -

BERITA TERKAIT

TERPOPULER