Sumatera

Jelang Pendaftaran Peserta Pilkada, Herman Deru Siap Daftarkan Ribuan Relawan

Bakal Calon Gubernur Sumatera Selatan, Herman Deru

MONITOR, Palembang - Pilkada Sumsel telah memasuki masa-masa penentuan koalisi partai politik. Sampai satu bulan menjelang pendaftaran peserta pilkada masih ada partai politik yang belum mengumumkan calon yang akan diusungnya.

PDI Perjuangan, Partai Gerindra, PKS dan Partai Hanura masuk dalam kategori ini. Mereka belum secara resmi mendeklarasikan pasangan calon yang akan diusungnya. Berdasar fenomena itu, peta politik yang sudah ada bisa saja berubah mengingat partai-partai itu bisa membuat koalisi baru atau memperkuat koalisi yang sudah ada.

Menanggapi kemungkinan terbentuknya peta politik baru di Pilkada Sumsel 2018, calon gubernur Herman Deru menyatakan hal itu bisa saja terjadi. Menurutnya, politik itu dinamis, semua bisa saja terjadi apalagi masih ada waktu sekitar lima minggu menuju masa pendaftaran calon.

“Masih cair, belum membeku. Semua hal bisa terjadi. Satu yang bisa saya pastikan adalah Herman Deru akan jadi peserta. Sudah dua partai yang mendeklarasikan diri dan dalam rentang Desember - Januari ini akan ada tambahan partai yang mengusung,” ujarnya saat ditemui di Palembang, Sabtu (2/12).

Deru menyambut baik jika muncul pasangan baru termasuk jika PDI Perjuangan mencalonkan kadernya sendiri. Hal demikian menurutnya akan menambah kualitas persaingan di Pilkada Sumsel. Ia menyatakan tak ada satupun kandidat yang ringan atau mudah dikalahkan. Semua punya potensi kekuatan dan tidak boleh diremehkan.

“Kita ini kan tidak
buta. Cukup tahulah kekuatan satu sama lain. Prinsipnya siapa yang lolos jadi peserta pilkada, pasti punya kekuatan. Ada peluang menang dan kalahnya. Namanya saja kontes, yang menang senang yang kalah pasrah. Artinya yang kalah mau tidak mau akan menerima dan mengakui yang menang, kan begitu,” ujarnya.

Terkait persiapan menghadapi pendaftaran ke KPUD, Herman Deru mengaku dirinya fokus menyelesaikan serba-serbi pengusungan di internal partai.

Ada dua partai yang secara intens terus berkomunikasi dan sedang tahap finalisasi pengusungan. Deru menghormati proses internal masing-masing partai itu dan meyakini tidak lama lagi akan segera diumumkan kepada masyarakat.

“Tahap finalisasi sedang berlangsung. Saya juga bolak-balik Jakarta - Palembang. Semua dalam rangka itu, proses pengusungan. Jadi sekali lagi tidak benar itu kalau ada yang membuat isu Deru kurang partainya, itu mimpi musuh yang takut bertempur, “ jelasnya.

Deru menutup pernyataannya dengan menerangkan proses penguatan relawan pemenangan yang begitu banyak. Para relawan itu akan didaftarkan ke KPUD sesuai dengan peraturan yang ada.

Deru berterimakasih atas munculnya relawan-relawan yang amat banyak itu dan menjamin tidak akan mengecewakan mereka.

“Para relawan akan menjadi bagian dari keluarga besar saya, kita akan bahu membahu memenangkan kontestasi ini. Tim besar yang terorganisir dengan baik akan mengelahkan tim kecil yang amburadul. Kita optimis, akan menang,” pungkasnya.

(jml)

Terpopuler