Tekno

Duel Meja Hijau Apple vs Qualcomm

Ilustrasi gambar

MONITOR, San Diego - Apple Inc pada Kamis (30/11) melayangkan gugatan ke Qualcomm Inc, menuduh perusahaan produsen chip ponsel Snapdragon Qualcomm yang memperkuat beragam perangkat berbasis Android tersebut telah melanggar hak paten Apple. Gugatan tersebut merupakan perkembangan terkini dalam sengketa keduanya yang telah berlarut-larut terkait hak paten.

Juli lalu, Qualcomm menuduh Apple telah melanggar beberapa hak paten terkait masa pakai baterai yang lebih baik.

Apple sendiri telah menolak klaim bahwa hal itu telah melanggar hak paten beterai Qualcomm dan menuduh bahwa paten Qualcomm tidak valid, merupakan perkembangan umum dalam kasus tersebut.

Namun pada hari Kamis, dalam sebuah persidangan di Pengadilan Distrik San Diego, Amerika Serikat, Apple merevisi jawaban atas keluhan Qualcomm sebeleumnya dengan melayangkan tuduhan baru, yakni Qualqomm setidaknya telah melanggar masa pakai baterai.

Dilansir Reuters, hak paten yang dimiliki Apple yakni memastikan setiap begian dari prosesor telepon hanya menarik daya minimum yang dibutuhkan, mematikan bagian prosesor saat ridak dibutuhkan dan membuat fungsi tidur dan bangun bekerja lebih baik.

Dalam laporannya, Apple menuduh bahwa prosesor Snapdragon 800 dan 820 Qualcomm, yang digunakan ponsel Samsung Electronics Co Ltd dan ponsel Pixel Google Alphabet Inc, melanggar hak paten tersebut. Samsung dan Google tidak disebutkan dalam tuduhan balasan Apple tersebut.

"Apple mulai mencari paten tersebut bertahun-tahun sebelum Qualcomm mulai mencari paten yang diajukannya terhadap Apple dalam kasus ini," tulis Apple dalam dokumen aduannya.

Apple juga mengatakan, pihaknya tengah mencari ganti rugi yang tidak ditentukan dari Qualcomm yang berbasis di San Diego.

Qualcomm mengajukan tuntutan pelanggaran paten, bersaamaan dengan aduan kepada Komisi Perdagangan Internasional AS yang berusaha melarang impor Iphone besutan Apple yang menggunakan chip Intel Corp lantaran dugaan pelanggaran hak paten.

Perselisian antara Apple dan Qualcomm atas hak paten adalah bagian dari perang hukum yang luas antara kedua perusahaan tersebut.

Pada Januari lalu, Apple menggugat Qualcomm hampir senilai 1 milar dolar AS dalam masalah royalti paten yang diklaim Qualcomm ditahan dari Apple. Dalam tuntutan terkait, Qualcomm juga menggugat produsen kontrak yang memproduksi ponsel Apple, namun Apple bergabung untuk memberikan pembelaan.

Secara terpisah, Qualcomm menghadapi tuntutan hukum dari Komisi Perdagangan Federal AS karena banyaknya permainan harga, sama dengan yang diajukan Apple dalam keluhannya.

(Sumber: Reuters)

(hans)

Terpopuler