Sabtu, 20 April, 2024

Pengamat Politik Desak Pengangkatan Plt Ketua DPR

MONITOR, Jakarta – Direktur Eksekutif Emrus Corner, Emrus Sihombing, menyatakan pengangkatan Idrus Marham sebagai Plt Ketum Gorkar adalah keputusan yang tepat. Namun kata Emrus, akan jauh lebih baik bila Golkar mengedepankan kepentingan negara daripada partai dengan lebih dahulu mengangkat Plt mengganti posisi Setya Novanto sebagai Ketua DPR-RI. 

"Bukankah negeri ini sudah sepakat bahwa kepentingan negara di atas kepentingan partai (golongan)? Bukankah kepentingan partai di atas kepentingan pribadi," ujar Emrus melalui keterangan tertulis, Rabu (22/11).

Pengamat Poltiik ini mengingatkan, agar pemangku kepentingan negeri ini tidak mengutamakan kepentingan pribadi diatas kepentingan negara.

"Bila hal ini terjadi dalam praktek politik di Indonesia, maka negeri ini saya pastikan tetap menghadapi permasalahan pelik dalam kerja-kerja politik, baik dalam skop internal partai, daerah, maupun nasional," tegasnya.

- Advertisement -

Emrus menambahkan, setidaknya Partai Golkar juga segera menunjuk Plt Ketua DPR sekaligus saat mengelar rapat pleno pengangkatan Idrus Marham sebagai Plt Ketum Golkar. 

"Seharusnya sekaligus sebersamaan menetapkan PLT Ketua DPR-RI dari Golkar. Sebab, Ketua DPR RI, sesuai dengan amanat UU, bahwa pengganti Ketua (pimpinan) DPR RI tetap dari kader partai yang sama," ujar Dosen Universitas Pelita Harapan.

- Advertisement -

BERITA TERKAIT

TERPOPULER