Pemerintahan

Kemendag Buka Lowongan Designers Dispatch Service 2018

Direktur Jenderal Pengembangan Ekspor Nasional Kementerian Perdagangan Arlinda.

MONITOR, Jakarta - Kementerian Perdagangan melalui Direktorat Jenderal Pengembangan Ekspor Nasional kembali melaksanakan kegiatan Designers Dispatch Service (DDS) 2018 sebagai salah satu implementasi program Indonesia Design Development Center (IDDC). Kegiatan DDS 2018 yang mengambil
tema "Desain Produk Daerah untuk Ekspor" merupakan yang ke-7 kalinya dilaksanakan sejak pertama kali diinisiasi pada tahun 2012.

"DDS merupakan salah satu kegiatan yang mengolaborasikan pelaku usaha dan desainer dalam pengembangan produk berbasis desain. Kegiatan ini bertujuan meningkatkan nilai ekspor non migas Indonesia melalui pengembangan desain produk sehingga semakin bernilai tambah dan berdaya saing di pasar global," jelas Direktur Jenderal Pengembangan Ekspor Nasional Arlinda.

Seperti halnya di tahun 2017, lanjut Arlinda, produk yang akan dikembangkan pada DDS 2018 adalah produk home living/home appliances/home decor. Direncanakan DDS 2018 dilaksanakan di tujuh daerah dengan potensi bahan baku yang akan dikembangkan yaitu tembaga dan/atau perak, tekstil dan/atau tenun, serat alam dan/atau kulit, gerabah, kayu, serta anyaman.

Kegiatan DDS 2018 diawali rekrutmen desainer dengan registrasi yang dibuka mulai 15 November - 9 Desember 2017. Bagi pelamar yang memenuhi persyaratan akan masuk tahap seleksi wawancara pada 14 Desember 2017. Pengumuman rekrutmen desainer akan disebarluaskan melalui web IDDC (iddc.kemendag.go.id), media sosial, surat elektronik, dan pesan singkat kepada asosiasi-asosiasi desainer.

Arlinda menyampaikan, persyaratan pelamar adalah warga negara Indonesia (WNI) berlatar belakang pendidikan desainer; memiliki portofolio/rekam jejak terkait pengembangan produk home living/home appliances/home decor dengan material yang akan diangkat; memiliki pemahaman yang baik mengenai desain produk, tren, dan perkembangannya; berkomitmen terhadap waktu; mampu membuat dan mengembangkan rencana bisnis sederhana; serta bersedia menuangkan pengalaman keterlibatan pengembangan produk dalam tulisan.

"Melalui rekrutmen desainer secara terbuka ini diharapkan dapat terpilih desainer-desainer potensial yang memiliki antusiasme dan komitmen kuat dalam mengembangkan produk unggulan Indonesia melalui desain yang mencerminkan citra bangsa sekaligus memenuhi selera pasar global sehingga dapat meningkatkan nilai ekspor nonmigas Indonesia," pungkas Arlinda.

(tsar)