Kesehatan

Kebiasaan di Kantor yang Kurang Baik Bagi Kesehatan

Ilustrasi

MONITOR, Jakarta - Cukup banyak masyarakat Indonesia yang menjadikan kantor atau tempat kerjanya sehari-hari sebagai rumah keduanya. Tidak jarang, aktivitas produktif per satu hari juga dihabiskan di kantor.

Namun, siapa sangka beberapa kebiasaan yang kerap dilakukan di kantor berikut mengancam kesehatan.

Berikut adalah beberapa kebiasaan yang kerap kita lakukan di kantor yang sayangnya bisa berdampak buruk bagi kesehatan dilansir dari Doktersehat.

Menyandarkan wajah pada tangan
Saat pikiran sedang buntu atau bingung untuk menyelesaikan sebuah pekerjaan, banyak orang yang segera menyandarkan wajah pada tangannya. Padahal, tangan bisa jadi penuh dengan kotoran atau bakteri yang bisa saja memicu masalah kesehatan pada kulit layaknya jerawat.

Makan sembari mengetik
Demi efisiensi waktu, cukup banyak orang yang terbiasa makan di depan komputer. Sayangnya, hal ini akan membuat konsentrasi pikiran terbagi dan akhirnya membuat enzim pencernaan tidak benar-benar bekerja dengan maksimal dalam mencerna makanan. Kita pun akan cenderung makan dengan lebih cepat dan lebih banyak. Tak hanya itu, remah-remah makanan bisa saja jatuh ke keyboardatau meja kerja sehingga bisa mengundang bakteri atau serangga.

Mengucek mata
Saat mata mulai terasa lelah akibat menatap layar komputer terlalu lama, banyak orang yang akhirnya mengucek matanya. Tanpa kita sadari, hal ini ternyata bisa membuat kuman berpindah dari telapak atau jari tangan menuju mata. Tak hanya itu, kulit halus di sekitar mata bisa rusak sehingga membuat kita lebih mudah berkeriput.

Menyilangkan kaki
Cukup banyak orang yang sengaja menyilangkan kaki saat duduk di kursi kantor. Padahal, posisi duduk ini bisa memicu rasa nyeri pada pinggul, punggung, serta leher. Sering-seringlah melakukan peregangan agar tidak mengalami masalah kesehatan tersebut.

Kerap membawa ponsel ke toilet
Saat ingin ke toilet kantor, cukup banyak pekerja yang memilih untuk membawa ponselnya. Hal ini ternyata bisa membuat kuman dari toilet berpindah pada ponsel. Padahal, ponsel sangatlah sering kita pegang dan ditempatkan di berbagai tempat sehingga kuman dari toilet ini juga akan lebih mudah berpindah pada tubuh kita.

(ah)

Tags Kesehatan

Terpopuler