Pariwisata

Lima Fakta Seputar Ecodome, Wahana Baru di Kebun Raya Bogor

Ecodome, salah satu wahana baru di Kebun Raya Bogor

MONITOR, Bogor - Wisata Kebun Raya Bogor baru saja mempromosikan satu wahana baru yakni Ecodome. Dilihat dari namanya, wahana ini tampak asing dan menarik.

Perlu kalian tahu, Ecodome ini didatangkan dari Philadelphia Amerika Serikat atas kerja sama Kebun Raya Bogor LIPI, Kedutaan Belanda, dengan Erasmus Huis. Keberadaan Ecodome di Kebun Raya Bogor ini tak lama, hanya berlangsung selama satu tahun tepatnya mulai November 2017 hingga November 2018. Penasaran dengan Ecodome? yuk simak beberapa poin penting seputar Ecodome.

1. Produk asal Negeri Bunga Tulip

Ecodome dikembangkan oleh Nico Wissing dan Lodewijk Hoekstra dari NL Greenlabel, yang bertugas di Kementerian Urusan Ekonomi Belanda. Perlu kalian tahu, ide untuk membuat Ecodome ini diciptakan sejak 10 tahun lalu, dengan menghubungi para peneliti di Fakultas Teknik Universitas Delft.
Ecodome sendiri diresmikan pada Senin, 13 November 2017 di the Astrid Boulevard, Kebun Raya Bogor LIPI.

2. Mewadahi beragam jenis tumbuhan

Ecodome merupakan wahana yang di dalamnya terdapat tanaman-tanaman yang ditata sedemikian rupa sehingga memberikan nilai artistik. Tak hanya itu, Ecodome juga memiliki wahana pendidikan lingkungan, kegiatan pameran yang berkaitan dengan lingkungan dan iptek, ekosistem, seni, musik dan budaya.

Kepala PKT Kebun Raya LIPI, Didik Widyatmoko mengungkapkan, keberadaan Ecodome ini diharapkan menjadi wahana baru dalam memberikan pemahaman terhadap masyarakat tentang pentingnya keterjagaan ekosistem dan lingkungan yang baik sehingga terjamin keberlanjutannya. “Ecodome adalah sebuah miniatur lingkungan, di mana manusia harus menyelaraskan keberadaannya dengan alam sekitar,” ujarnya.

3. Selalu ramai event

Ada banyak agenda untuk memeriahkan dan menghidupkan suasana di dalam Ecodome tersebut. Kegiatan tersebut diagendakan dalam program “Calender of Event” Kebun Raya Bogor LIPI, di antaranya Festival Peduli Sampah, Hari Menanam Pohon Nasional, Hari Bumi, Hari Cinta Puspa dan Satwa Nasional, dan lain sebagainya.


4. Usung nuansa serba hijau

Setelah bertahun-tahun bekerja keras, akhirnya ecodome tumbuh menjadi sebuah oasis yang inovatif. Dengan teknik dan konsep alami yang mempromosikan kemajuan serta karakter 'hijau' dari pemerintahan Belanda. Inovasi-inovasi yang terdapat di dalam Ecodome di antaranya pintu iklim yang sehat di mana pintu tersebut dapat membersihkan 10.000m/kubik udara kotor perjam melalui sebuah saringan tertentu.


5. Dinding dilapisi Lumut

Selain itu, desain bagian luar dari Ecodome dilapisi dengan lumut, di mana lumut tersebut dapat menjaga air hujan serta menyerap bakteri dari udara. Bangunan ini kaya akan tanaman dan bunga tropis, serta bidang di tengah-tengah dome terdapat sebuah kontruksi besar tingginya 10 meter yang berwarna oranye dengan sejumlah bangku untuk duduk-duduk.

Pengunjung dapat duduk dan menikmati pemandangan khusus di sini. Ecodome ditempatkan selama setahun, sebagai hadiah dari Pemerintahan Belanda dalam rangka memeriahkan 200 Tahun Kebun Raya Bogor.

(tsar)

Terpopuler