Politik

Bappenas : Pertumbuhan Ekonomi Triwulan III 2017 Naik

MONITOR, Jakarta - Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional/Badan Perencanaan Pembangunan Nasional PPN/Bappenas menyatakan pertumbuhan ekonomi pada Triwulan III 2017 naik sebesar 5.06 persen. Angka ini didapat dari peningkatan investasi, nilai ekspor, konsumsi pemerintah dan konsumsi rumah tanga.

Hal itu disampaikan Menteri PPN/Kepala Bappenas, Bambang Brodjonegoro dalam konferensi pers Pertumbuhan Ekonomi dan Pencapaian Target Pembangunan 2017 di Jakarta, Senin (13/11).

Pada triwulan III 2017, lanjut Bambang, konsumsi rumah tangga di Indonesia melambat. Menurutnya, ini dikarenakan momen idul fitri yang telah lewat, namun demikian secara umum peran konsumsi relatif sama dari triwulan sebelumnya.

"kenapa lebih rendah karena faktor lebaran. Lebaran tahun ini ada di triwulan III sehingga tidak kuat seperti tahun kemarin", Ujar Bambang.

Disisi lain, tambah Bambang, terjadi pergeseran konsumsi dari barang ke jasa oleh masyarakat. Akibatnya, angka kelas menengah di indonesia meningkat.

Bambang menjelaskan, saat ini preferensi pola konsumsi masyarakat terbagi tiga, yaitu, pendidikan, kesehatan dan belanja berulang barang dan jasa atau leisure.

"Kini ada tiga preferensi pola konsumsi masyarakat, yakni pendidikan, kesehatan, leisure", jelas Bambang.

Secara umum sektor ekonomi Indonesia pada triwulan III meningkat 1.02 persen dr total per sektor. Sedangkan sektor manufaktur tetap menjadi sumber pertumbuhan utama.

Adapun dari sisi investasi, data Triwulan III 2017 mencatat Pertumbuhan investasi bertengger diangka 7.11%. komponen invetasi tinggi disumbang oleh Investasi mesin dan perlengkapan bangunan.

(ah)