Jumat, 29 Maret, 2024

Kerjasama Bilateral, Indonesia-Tiongkok Gelar Energy Forum

MONITOR, Jakarta – Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Ignasius Jonan  melakukan  pertemuan bilateral dengan Direktur Administrasi Energi Nasional (NEA) Republik Rakyat Tiongkok (RRT), H.E. Nur Bekri pada "The 5th Indonesia-China Energy Forum (ICEF V)" di Hotel JW Mariot Jakarta, pada Senin (13/11).

Dalam forum ini Kedua pihak juga telah melaksanakan pertemuan bilateral dalam Working Group. Terdapat dua Working Group, yaitu minyak, gas bumi (Migas) dan batubara; serta energi baru, terbarukan dan ketenagalistrikan. 

Hadir juga dalam kegiatan tersebut Wakil Menteri ESDM, Archandra Tahar, Badan Usaha Milik Negara (BUMN) di bidang energi serta sejumlah perusahaan energi asal Tiongkok yang bekerja sama dalam forum energi ini.

"Kita akan mendiskusikan lebih mendalam terkait energi, mineral dan kelistrikan dalam forum ini. Saya percaya masing-masing negara dan badan usaha kedua negara sama-sama saling menguntungkan," ujar Menteri Jonan saat memberikan sambutan.

- Advertisement -

Jonan mengatakan, pihaknya berterimakasih atas kesediaan perusahaan Tiongkok untuk berinvestasi di bidang ketenagalistrikan, migas dan energi baru terbarukan di Indonesia. "Kami terimakasih dalam peranan perusahaan Tiongkok yang membangun dan ivestasi," tambahnya.

Lebih lanjut, Menteri Jonan menerangkan bahwa Indonesia, dalam hal ini Kementerian ESDM membuka peluang seluas-luasnya setiap pihak yang ingin berinvestasi untuk pembangunan Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) dan pembangkit listrik lainnya, bidang Migas, dan pembangunan infrastruktur di mulut tambang.

"Kami membuka luas dalam pembangunan-pembangunan PLTU dan lainnya, kami fokus pada pembangunan-pembangunan yang berada di mulut tambang, juga dalam bidang migas," terang Jonan.

Sementara itu, Direktur Administrasi Energi Nasional (NEA) Republik Rakyat Tiongkok (RRT), H.E. Nur Bekri mengatakan pihaknya sangat menyambut baik tawaran kerjasama dan investasi di bidang energi oleh Indonesia ini.

"Tentu saja kita ingin prospek yang lebih baik lagi kedepan, menurut saya itu sangat berhasil. Saya sangat percaya dan penuh harapan terkait kerjasama indonesia tiongkok ini," terangnya saat memberikan sambutan.

Bekri juga memastikan bahwa kerjasama ini akan saling menguntungkan kedua belah pihak. "Kami yakin kerjasama ini akan saling menguntungkan satu sama lain, kedua negara," tambahnya

- Advertisement -

BERITA TERKAIT

TERPOPULER