Sumatera

Curhatan Zulkifli Hasan Saat Menghadiri Festival Way Kambas XVII

Ketua MPR RI Zulkifli Hasan saat membuka acara Festival Way Kambas XVII

MONITOR, Bandar Lampung - Festival Way Kambas XVII resmi dibuka hari ini, Minggu (12/11) bertempat di Taman Nasional Way Kambas, Lampung Timur. Pagelaran ini dibuka secara langsung oleh sang putra daerah, Ketua MPR RI Zulkifli Hasan.

Dalam kesempatan itu, politisi yang akrab disapa Zulhas itu menyatakan festival ini digelar rutin setiap tahun pada bulan November. Adapun rangkaiannya meliputi festival musik, lomba kreasi souvenir, festival kuliner, parade gajah, dan lain sebagainya.

Sembari bercerita soal aktifitasnya di Lampung, Zulhas mengungkapkan tak hanya gajah yang dilindungi di taman nasional itu, melainkan adapula satwa badak. "Anak badak yang lahir di sini saya beri nama Andatu," ujarnya mengenang masa lalu.

Selain itu, Ketua Umum PAN ini juga mengapresiasi kreatifitas bupati dan masyarakat Lampung Timur. Menurutnya festival musik bisa menjadi jalan untuk mengurangi masalah penggangguran.

“Ada festival maka bisa mengembangkan kreatifitas anak-anak muda. Kreatifitas juga dapat meningkatkan potensi daerah,” ujar Zulkifli.

Zulkifli mengatakan bahwa kepala daerah harus memfasilitasi kreatifitas masyarakat atau mencarikan pasar dari produk masyarakat sementara masyarakat harus menggunakan kesempatan itu.

(tsar)

Terpopuler