Kesehatan

Susah Tidur di Malam Hari? Mungkin Ini Penyebabnya

ilustrasi gambar

MONITOR - Insomnia atau penyakit susah tidur di malam hari adalah hal paling menyedihkan. Bayangkan saja, saat seseorang merasakan tubuhnya kelelahan dan ingin memejamkan mata sejenak untuk istirahat, namun hal itu tak bisa dia lakukan. Ini tentu sangat menyebalkan.

Apalagi di usia yang semakin menua, banyak individu yang mengeluh susah mengatur jam tidur dan sulit tidur. Hal ini jika dibiarkan sangat berdampak buruk bagi sisi kesehatan dan aktifitas kita.

Kalau kalian merasa mengidap penyakit anemia, coba dalami dulu faktor-faktor yang menyebabkan sulitnya waktu tidur. Hal ini supaya kalian mudah mengantisipasi kondisi tersebut. Berikut ini empat penyebab sulitnya aktifitas tidur.

1. Stres

Tidak bisa dipungkiri, jika kehidupan kalian kerap diwarnai konflik dalam rumah tangga atau urusan pekerjaan dapat membuat kalian stres. Masalah semacam itu seperti terus-menerus berputar dan menempati ruang di kepala dan membuat kalian terus memikirkannya. Ini akan membuat kalian menjadi lebih lama terjaga dan menjadi sulit tidur.

2. Usia

Memasuki usia 40 tahun, pada umumnya muncul kecenderungan perubahan pola tidur. Jika pada usia sebelumnya dapat tidur nyenyak sepanjang malam, maka bagi mereka yang berusia 40 tahun ke atas mengalami kecenderungan untuk beberapa kali terbangun di malam hari. Makin sering terbangun, maka kalian makin tidak mendapatkan kualitas tidur yang baik.

3. Efek zat kimia

Alih-alih menenangkan, alkohol dan kafein yang kalian konsumsi dapat membuat kalian terbangun di malam hari lebih sering dari biasanya. Mengonsumsi nikotin berlebihan juga dapat menyebabkan hal yang sama. Bahkan terlalu banyak mengonsumsi alkohol kadang-kadang dapat menyebabkan sakit kepala dan berkeringat.

4. Ritme sirkadian

Manusia memiliki 'alarm tubuh' yang disebut dengan ritme sirkardian. Ritme ini berkaitan dengan siklus tidur tiap harinya. Makin rutin dan stabil waktu tidur yang kalian jalani setiap harinya, makin bagus kualitas tidur kalian. Siklus ini dapat berubah oleh karena kegiatan olah raga dan tidur siang. Siklus juga dapat berubah oleh karena paparan sinar, seperti bila kalian terus menerus melihat laptop atau saat kalian pergi ke daerah dengan zona waktu berbeda.

(tsar)

Terpopuler