Bisnis

Jasa Marga Kaji Efektivitas Lajur Khusus Bus di Jalan Tol

Vice President Divisi Operation Management PT Jasa Marga (Persero) Tbk, Raddy R Lukman

MONITOR, Jakarta - Vice President Divisi Operation Management PT Jasa Marga (Persero) Tbk, Raddy R Lukman menyatakan pihaknya tengah menguji visi rasio ihwal efektivitas High Occupancy Vehicle (HOV) lane atau lajur khusus rute bus di jalan tol untuk ruas Bogor - Jakarta dan Bekasi Jakarta.

"Jadi nanti jalur tol dari Bogor ke Semanggi ada jalur bis khusus, dan ada juga yang dari Bekasi. Kami saat ini sedang mengkajinya," ujarnya di Jakarta, Kamis (9/11).

Raddy menambahkan, saat ini Jasa Marga tengah menguji visi rasio terkait efektivitasnya. Apibila hasilnya terbukti efektif mengurai kemacetan, maka hal tersebut akan dipermanenkan.

"Saat ini sedang kita uji visi rationya. Kalau efektif kita permanenkan," tambahnya.

Ketika ditanya terkait kajian sementaranya, Radsy memaparkan bahwa penelitian Jasa Marga menyatakan ini terbukti efektif.

Selain mengurai kemacetan, sambung Raddy, HOV juga akan berdampak pada meningkatnya penggunaaan moda transportasi umum oleh masyarakat.

Namun demikian, kata Raddy hal ini masih akan diajukannya ke Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek atau (BPJT) untuk ditindaklanjuti.

"Untuk volume (kendaraan di jalan tol) ini tengah kita teliti dan survey. Sudah ada dampak untuk berpindah ke moda transportasi bis," pungkasnya.

(hans)