Pendidikan

Indonesia Lepas Tim Karate dan Olimpiade Astronomi

Dirjen Dikdasmen Kemendikbud melepas tim karate dan tim Olimpade Astronomi

MONITOR, Jakarta - Sejumlah putra-putri kebanggaan Indonesia akan bertanding di turnamen karate dan laga International Olympiad on Astronomy and Astrophysics (IOAA). Ya, Indonesia tengah mengutus dua tim kebanggaan Tanah Air. Pertama, tim karate pelajar akan berlaga di Liege Belgia pada tanggal 8 hingga 15 November 2017 mendatang.

Sebelumnya, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan melalui Direktur Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah (Dirjen Dikdasmen) Hamid Muhammad melepas tim karate tersebut pada Selasa (7/11) lalu.

Mereka terdiri atas enam pelajar sekolah menengah atas (SMA). Para pelajar yang dikirim adalah juara dari Olimpiade Olahraga Siswa Nasional (O2SN). "Pengiriman tim karate ini merupakan wujud dari pembinaan dan bentuk apresiasi Ditjen Dikdasmen terhadap peserta didik peraih prestasi khususnya di bidang olahraga," ujar Hamid Muhammad selaku Dirjen Dikdasmen.

Sementara itu, Tim IOAA yang dikirim ke Olimpiade Astronomi berjumlah lima orang pelajar SMA. Mereka akan berkompetisi di Phuket Thailand, dari tanggal 12 hingga 21 November 2017. Di ajang IOAA ke-11 ini mereka akan bersaing dengan tim dari 58 negara dari seluruh dunia.

Kepada para pelajar yang akan bertanding di dua ajang tersebut, Hamid Muhammad berpesan agar berjuang sekuat tenaga untuk untuk memperoleh tingkat tertinggi yang mungkin diraih. "Kalian mewakili Indonesia, bukan sekolah, maka kalian harus berjuang sekuat tenaga untuk memperoleh medali yang kalian inginkan. Kalian harus menargetkan meraih medali emas," pesan Dirjen.

Hamid juga berpesan agar mereka menjaga mental dan jangan pernah merasa minder. "Masalah mental sangat penting, kalian harus bermental yang kuat, berjuang sampai titik keringat penghabisan," pesannya.

(tsar)