Sabtu, 20 April, 2024

50 Bal Pakaian Selundupan Asal Malaysia Diamankan Petugas

MONITOR, Asahan – Puluhan bal pakaian bekas asal Malaysia yang akan diselundupkan ke Asahan, Medan tertangkap Tim gabungan dari Lantamal I Belawan dan Lanal Tanjungbalai Asahan di Perairan Sungai Bagan, Kabupaten Asahan, Sumatera Utara, Minggu (5/11) dini hari.

Penyelundupan 50 bal pakaian bekas tersebut ditangkap saat diangkut menggunakan KM Usaha Nelayan dengan tujuan Tanjungbalai.

Siketahui, KM Usaha Nelayan muatan 50 ballpres merupakan kapal langsiran, dari kapal yang lebih besar dengan tujuan untuk menghindari pantauan aparat keamanan,” ujar‎ Komandan Lanal Tanjungbalai Asahan, Letkol Laut (P) Bagus Badari.

Bagus menuturkan, penangkapan kapal ini bermula dari informasi yang diterima petugas gabungan. Kemudian petugas melakukan patroli laut di seputaran lokasi penangkapan.

- Advertisement -

Saat tengah patroli, sambung Bagus, petugas mencurigai satu unit kapal. Kemudian dilakukan pengejaran terhadap kapal tersebut.

Setelah dihentikan, kata Bagus, petugas melakukan pemeriksaan muatan barang ilegal tersebut.‎ Kemudian ditemukan muatan 50 bal muatan pakaian bekas tanpa dilengkapi dokumen yang sah.

Turut diamankan seorang nahkoda dan dua orang ABK dalam penangkapan ini.

“Nakhoda beserta dua orang ABK dan barang bukti dibawa ke Belawan untuk proses pemeriksaan lebih lanjut,” tukasnya.

- Advertisement -

BERITA TERKAIT

TERPOPULER