Olahraga

Gagal Amankan Posisi Juara di Sepang, Ini Kata Marquez

Marc Marquez in GP Sepang, Malaysia

MONITOR, Sepang - Pebalap Repsol Honda Marc Marquez harus puas finish di posisi empat balapan moto GP Sepang, Malaysia. Pebalap asal Spanyol itupun gagal mengamankan titel juara musim 2017. Baby Alien hanya finis keempat di belakang pembalap Yamaha Tech-3, Johann Zarco, sementara duo Ducati, Andrea Dovizioso dan Jorge Lorenzo finis pertama dan kedua.

Banyak yang menilai kegagalan Marquez merebut podium karena dirinya terlalu hati-hati dalam memacu kuda besinya di tengah arena track yang basah karena guyuran hujan. Disisi lainnya, Marquez nampak ingin mengamankan gelar juara di kampung halamannya GP Valencia.

Marquez sendiri mengakui bertahan di posisi keempat karena ingin menjaga peluang juara. Hal tersebut memang setidaknya terlihat saat awal balapan dimana Marquez cukup agresif di awal. Marquez kemudian menyadari duo Ducati lebih cepat dibanding Honda. Ia kemudian berusaha menyalip Johann Zarco di posisi ketiga, namun Marquez kembali memikirkan gelar juara dunianya.

"Saya memutuskan tetap bertahan di posisi keempat. Sesuatu yang penting di balapan kemarin adalah tetap tenang, jangan sampai berbuat kesalahan kecil, dan mempertahankan ritme. Jika saya berani mengambil risiko, saya mungkin bisa juara di Malaysia. Tapi, jika saya kecelakaan? Selisih angka akhir mungkin hanya tujuh atau delapan," kata Marquez, dilansir dari Autosport, Senin (30/10).

"Saya kurang yakin dengan pengereman dan kecepatan sudut motor saya saat itu. Harga yang harus dibayar sangat mahal. Masalahnya adalah saya biasanya selalu kuat di pengereman dan di tikungan. Sayangnya, kemarin saya tak sekuat balapan lain, sementara Ducati selalu bagus dari sisi akselerasi," tambahnya.

Dengan hasil GP Sepang Ini, Selisih angka Marquez dengan rivalnya, Dovizioso kini terpaut 21 poin. Marquez tetap menjadi juara dunia jika mampu finis minimal diposisi ke-11 pada balapan pamungkas di kampung halamannya, Valencia.

(jml)

Terpopuler