Peristiwa

BNN Amankan 137 Kg Sabu dan 42500 Butir Ekstasi Di Laut Aceh

Ilustrasi

MONITOR, Jakarta - Badan Narkotika Nasional (BNN) bersama Sub Direktorat Narkotika dan Kanwil DJBC Aceh berhasil membongkar jaringan narkotika yang beroperasi di perairan Indonesia. Tim gabungan keduanya berhasil mengamankan 137.692 gram sabu dan 42.500 butir ekstasi di pesisir pantai Ujungcuram, Aceh Timur, Senin (18/9).

Dari pengungkapan kasus tersebut, diamankan 3 (tiga) orang tersangka berinisial MH, MS dan IB.

BNN juga menyita kapal boat jenis Oscadon dan seperangkat alat navigasi laut merk Garmin dalam proses penangkapan ketiganya.

Dikatakan Humas BNN, penangkapan tersangka bermula dari adanya informasi penyelundupan narkotika di perairan Aceh Timur. Selanjutnya tim BNN berkoordinasi dengan Kanwil DJBC untuk melakukan operasi bersama dengan menggunakan kapal milik Kapal Patroli BC 20011.

"Kemudian, pada Senin, (18/9) pukul 04.00 WIB, tim bergerak dari Pelabuhan Kuala Langsa menuju pesisir pantai Ujungcuram, Kuala Gelumpang, Kuta Binjai, Aceh Timur," terang Humas BNN dalam siatan persnya, Jakarta, Rabu (27/9).

Pada pukul 12.00 WIB tim berhasil mengamankan kapal kayu warna biru milik nelayan yang ditinggalkan oleh ABK nya. Saat dilakukan pemeriksaan ditemukan 7 buah tas dan 1 kantong plastik berisi 133 bungkus kopi yang didalamnya terdapat 137.692 gram sabu kristal.

"Tim juga berhasil mengamankan 10 bungkus pil ekstasi berisi 42.500 butir dengan berat 12.914 gram," tambahnya.

Tim sempat kesulitan mengefakuasi boat karna air surut dan hanya biasa mengamankan barang bukti narkotika. Ketika air pasang, tim sea rider kembali ke pesisir untuk mengambil boat kemudian diserahkan ke BNN sebagai barang bukti.

Pengembangan dilakukan hingga akhirnya BNN berhasil mengamankan dua orang awak kapal berinisial MH dan MS di kawasan Blang Mangat, Aceh Utara saat hendak melarikan diri dengan menggunakan bus. Tersangka lain yang berhasil diamakan adalah IB, pemilik kapal sekaligus orang yang memerintah untuk mengangkut narkotika.

Atas perbuatannya, ketiga tersangka terancam pasal 113 ayat (2), 114 ayat (2), pasal 112 ayat (2) jo pasal 132 ayat (1) UURI No. 35 Tahun 2009 Tentang Narkotika. kemudian tersangka dan barang bukti dibawa ke kantor BNN Cawang guna penyidikan lebih lanjut.

Bnn mengungkapkan, dengan penangkapan ini setidaknya telah berhasil diamankan lebih dari 731 ribu anak bangsa dari penyalahgunaan narkotika.

(ah)

Terpopuler