Parlemen

Rieke Diah : Rumah Sakit 'Nakal' Harus Ditertibkan

Anggota Komisi VI DPR RI Rieke Diah Pitaloka

MONITOR, Jakarta - Anggota DPR RI Fraksi PDIP Rieke Diah Pitaloka geram atas tindakan rumah sakit Mitra Keluarga Kalideres yang mengabaikan pelayanan terhadap pasien bernama Tiara Debora Simanjorang.

Ya, lantaran pihak keluarga tak mampu membayar uang muka, bayi mungil berusia empat bulan itu meregangkan nyawa untuk terakhir kalinya. Rieke yang merupakan anggota Pansus UU BPJS 2010-2011 menyatakan, dalam perkembangan terakhir jumlah peserta BPJS Kesehatan mencapai 180.772.917. Data ini terhitung per 1 September 2017.

Untuk cakupan pelayanan, Rieke merekomendasikan agar BPJS Kesehatan bisa memperluas kerja sama dengan rumah sakit swasta. "Kami meminta BPJS Kesehatan agar memperluas kerjasama dengan rumah sakit swasta," ujar Rieke dalam keterangan pers yang diterima Monitor.

Selain itu, Rieke meminta agar pemerintah menertibkan rumah sakit swasta yang membuat aturan sewenang-wenang seperti menolak pasien peserta BPJS.

"Kementerian Kesehatan agar menertibkan rumah sakit nakal dan menerbitkan peraturan semua rumah sakit, termasuk rumah sakit swasta wajib bekerja sama dengan BPJS Kesehatan dan tidak boleh menolak pasien," tegas Politikus asal Garut, Jawa Barat.

Ia pun meminta, agar pemerintah lebih bersungguh-sungguh dalam mengawasi pelaksanaan jaminan kesehatan universal. "Pemerintah harus lebih serius dan sunguh-sungguh dalam melakukan pengawasan terhadap rumah sakit termasuk rumah sakit swasta," tandasnya.

(tsar)