Megapolitan

Soal Saracen, Ray Rangkuti : Orang ini Main Politik Pakai SARA

Pengamat Politik Ray Rangkuti

MONITOR, Jakarta - Belum lama ini terungkap sindikat penyedia jasa konten 'Saracen' yang banyak membuat konten ujaran kebencian dan berita hoax. Hal ini membuat Pengamat Politik Ray Rangkuti angkat suara. Ia meminta kepada aparat kepolisian mengusut tuntas jaringan Saracen.

Tak hanya ungkap anggota sindikat Saracen saja. Namun, para pengguna jasa yang disebut-sebut membayar kelompok itu untuk menyebarkan berita hoax dan isu SARA demi kepentingan politik.

"Itu harus dibongkar habis oleh aparat kepolisian. Harus diungkap siapa yang pernah menggunakan jasa mereka," kata Ray kepada wartawan, Kamis (31/8).

Ray menambahkan dengan begitu masyarakat kedepannya dapat menilai dan waspada terhadap kelompok yang berpolitik dengan cara seperti ini.

"Perlu diungkap sehingga ada warning 'Orang ini main politik pakai SARA'," tegas Ray.

Lebih jauh, ia mengatakan politik yang mengandung SARA sangat berbahaya karena berusaha untuk memecah belah bangsa dan memicu konflik di masyarakat.

Dapat dilihat Pilkada DKI Jakarta 2017 beberapa waktu lalu, hampir memecah keutuhan masyarakat Jakarta. Beruntungnya hal itu tidak terjadi lagi.

"Kita gak usah lagi berteori kan, Kita udah liat di Pilkada DKI Jakarta. Gimana kita terpecahnya itu sampai sekarang, dirasa betul efek penggunaan isu SARA di dalam politik itu." tandas Direktur Lingkar Madani Indonesia (LIMA) itu.

(tsar)