Jumat, 29 Maret, 2024

Rini Sumarno Targetkan 18 Balai Ekonomi Desa Operasi Akhir Tahun Ini

MONITOR, Magelang – Menteri BUMN Rini Soemarno menargetkan 18 Balai Ekonomi Desa (Balkondes) di kawasan wisata Candi Borobudur, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah yang dikelola perusahaan milik negara itu, bisa beroperasi penuh pada akhir 2017.

"Saat ini 18 BUMN sedang mempersiapkan berbagai fasilitas, diharapkan sebelum akhir tahun seluruhnya sudah bisa beroperasi sehingga langsung berdampak pada ekonomi masyarakat sekitar Candi Borobudur," katanya di sela kunjungan kerja mengevaluasi pengembangan Balkondes di Magelang, Minggu (20/8).

Menurut Rini, Balkondes adalah salah satu program Kementerian BUMN untuk meningkatkan jumlah wisatawan sekaligus mengangkat perekonomian suatu daerah.

"Balkondes ini merupakan Interconnecting Tourism System berbasis komunitas, yang selain bertujuan untuk meningkatkan perekonomian desa, juga pemberdayaan dan pengembangan SDM (sumber daya manusia) yang berbasis wisata," katanya.

- Advertisement -

Sementara itu BUMN yang mengembangkan Balkondes di kawasan Candi Borobudur antara lain PT Telkom Indonesia Tbk di Desa Tuksongo, PT Bank BTN di Desa Karanganyar, PT Bank BNI di Desa Wanurejo, PT Hutama Karya di Desa Kebon Sari, PT Bank BRI di Desa Tanjung Sari, PT Pertamina di Desa Wringin Putih, dan PT Semen Indonesia di Desa Candirejo.

"Masing-masing Balkondes nantinya dibangun hingga 10 unit fasilitas penginapan (homestay). Dengan begitu wisatawan dapat menikmati suasana desa dengan berbagai aktivitas liburan," ujarnya.

Konsep pengembangan Balkondes digarap bersinergi dengan BUMN Pariwisata, yaitu PT Taman Wisata Candi Borobudur, Prambanan, dan Ratu Boko (Persero), PT Hotel Indonesia Natour (HIN) Persero, maupun dengan PT Patrajasa, anak usaha Pertamina yang menjadi manajemen Balkondes.

Pada kesempatan itu, Rini meninjau Balkondes Telkom di Desa Tuksongo. Didampingi Dirut Telkom Alex Sinaga, Rini berkeliling di Balkondes seluas 6.000 meter persegi tersebut.

Saat memasuki area Balkondes, Rini diminta melakukan uji coba teknologi "home automation" yang bisa secara otomatis membuka dan mengunci kamar, menghidupkan listrik, AC, menghidupkan fasilitas Indihome, meliputi televisi, internet, dan telepon cukup dari ponsel pintar.

Rini juga berbincang langsung sekaligus bertransaksi secara elektonik dengan perajin bambu, perajin batik, dan penjual makanan jajanan melalui transaksi t-cash maupun kartu uang elektronik.

"Balkondes Telkom bagus, fasilitas di Balkondes mengarah ke digital. Makanan berupa jajanan, dihasilkan warga juga enak-enak dan sangat layak untuk dikembangkan pasarnya," kata Rini.

Ia pun menuturkan Telkom sudah menguji coba fasilitas Balkondesnya yang serba digital. 

"Saya senang dan bangga BUMN berkomitmen untuk membantu masyarakat sekitar Candi Borobudur dengan inovasi-inovasi yang berbeda," katanya.

Direktur Utama Telkom Alex Sinaga menuturkan Balkondes itu dibangun untuk mendorong perekomian dan pariwisata di kawasan Tuksongo.

Fasilitas yang disediakan di Balkonde Telkom, meliputi ruang pendopo, ruangan loka karya, ruang pertemuan, penginapan tiga unit, musala, toilet umum, toilet untuk kalanga difabel, taman, serta ruang terbuka untuk teater.(Ant) 

- Advertisement -

BERITA TERKAIT

TERPOPULER