Jumat, 19 April, 2024

Pemprov DKI Bantah Adanya Telur Palsu di Ibukota

MONITOR, Jakarta – Maraknya kabar telor palsu di Jakarta membuat Dinas Ketahanan Pangan Kelautan dan Pertanian Pemprov DKI Jakarta gerah. Mereka membantah adanya telur palsu yang beredar di ibu kota.

"Dari hasil pemeriksaan secara organoleptik, telur-telur yang beredar maupun telur dari program pangan murah semuanya asli. Jadi jelas ya, tidak ada telur palsu di Jakarta, tim pengawas dari Dinas Ketahanan Pangan. Pengawas Mutu sudah menguji sempel telur dan tidak didapatkan ada telur yang palsu," kata plt Kepala Dinas Ketahanan Pangan Kelautan dan Pertanian Sri Hartati, di JakGrosir Pasar Induk, Jakarta Timur, Selasa (20/3).

Pengujian sendiri dilakukan dengan dua bentuk, pertama pengujian secara fisik dan pengujian kimia genetik ayam atau DNA ayam.

Dikatakan Sri, lebih menyakinkan lagi ada beberapa telur diambil sebagai sampel dan dikirim untuk diuji di laboratorium.

- Advertisement -

"Beberapa telur diambil jadi sampel, kami kirim ke pusat Pelayanan Kesehatan Hewan, Teknologi Peternakan dan Pengujian Mutu hasil Peternakan di Bambu Apus, dan hasilnya semua sampel merupakan telur asli," pungkas Sri.

Seperti diketahui beberapa hari terakhir beredar video yang menunjukan pengujian antara telur ayam asli dan telur ayam palsu.

Video yang diambil di Pasar Johar Jakarta Pusat tersebut, belakangan diketahui dilakukan oleh warga yang pada dasarnya tidak menguasai soal pengujian suatu benda.

- Advertisement -

BERITA TERKAIT

TERPOPULER