Kamis, 18 April, 2024

Kemenkop dan UKM Sanjung Kenaikan Status PLUT-KUMKM Cianjur

MONITOR, Jakarta – Kemenkop dan UKM melalui Deputi Bidang Restrukturisasi Usaha bekerjasama dengan Dinas Koperasi UKM. Kegiatan tersebut dilakukan sebagai sarana promosi Pusat Layanan Usaha Terpadu (PLUT)-KUMKM sekaligus produk unggulan binaan konsultan PLUT Kabupaten Cianjur.

Deputi Bidang Restrukturisasi Usaha, Eviyanti, menyampaikan, event-event semacam ini harus terus dilakukan secara rutin karena dampaknya sangat luas baik untuk PLUT-KUMKM itu sendiri maupun Koperasi dan UKM di wilayah Kabupaten Cianjur. Kegiatan serupa juga pernah dilakukan di PLUT Kabupaten Subang.

Menurut Evi, untuk penguatan aktifitas peran dan fungsi PLUT-KUMKM, Kementerian Koperasi dan UKM bersinergi dengan berbagai stakeholder diantaranya yaitu dengan PT Telkom, Perum Bulog, Badan Standardisasi Nasional (BSN), PUM Netherlands Senior Expert dan Lembaga Pembiayaan lainnya.

“Kami sadar pembinaan dan pengembangan Koperasi dan UKM kalau hanya  mengandalkan sumber daya yang ada pada Kementerian Koperasi dan UKM, daya dorongnya kurang maksimal, untuk itu dengan keterbatasan APBN yang ada sinergi dengan berbagai pihak mutlak diperlukan,” ujarnya, Kamis (15/3).

- Advertisement -

Tidak hanya itu, dalam rangkaian acara Eviyanti memberikan apresiasi kepada Pemerintah Daerah Kabupaten Cianjur yang telah berhasil meningkatkan status kelembagaan PLUT-KUMKM menjadi UPTD. Hal ini dapat menjadi contoh bagi PLUT-KUMKM di wilayah lainya.

Dalam kesempatan yang sama, Kepala Dinas Koperasi dan UKM, Perdagangan dan Perindustrian Kab Cianjur, Ridwan Ilyasin, mengatakan, penyelenggaraaan penyelenggaraan Expo dilakukan minimal 2 kali dalam setahun dan akan menggunakan tema dalam expo, seperti expo kerajinan, kuliner dan sebagainya.

Diharapkan Expo ini bukan hanya dinikmati masyarakat Cianjur Utara namun juga di wilayah Cianjur tengah dan Selatan. Lewat sosialisasi, Expo PLUT juga kaan dilakukan saat hari jadi Cianjur yang ke 422 tahun.

Dalam kegiatan tersebut, UMKM juga diberikan Award dari Bupati Cianjur, seperti fasilitas PLUT KUMKM asrama penginapan yang secepatnya harus terwujud sehingga manfaat PLUT KUMKM daat dirasakan seluruh warga Cianjur. 

- Advertisement -

BERITA TERKAIT

TERPOPULER