Jumat, 19 April, 2024

Lahan Terbatas, Petani Lampung Selatan Terapkan Metode Tanam Unik

MONITOR, Lampung Selatan –Kreatif, itulah gambaran bagaimana petani di Lampung Selatan mensiasati keterbatasan lahan di wilayahnya. Ya, upaya yang dilakukan untuk meningkatkan luas tambah tanam petani di Desa Sido Waluyo, Kecamatan Sidomulyo, Kabupaten Lampung Selatan ini terbilang unik yaitu dengan cara tanam sistem Ponjo Lowek seluas 30 ha. 

Sistem tanam ponjo dilakukan dengan cara menanam benih yang sudah disemai dan ditanam pada lahan kering (belum ada air), hal ini dilakukan karena petani sangat ingin menanam padi ditengah cuaca yang belum turun hujan pada waktu itu.  

"Alhamdulillah usaha tersebut tidak sia sia,  karena saat ini kondisi padi yang ditanam sudah berumur 35 hari, tumbuh dengan kondisi sangat baik," kata Ka. UPTD Kecamatan Sidomulyo Didik Deky S di Lampung Selatan, Jumat (23/2).

Didik menjelaskan cara tanam sistem Ponjo Lowek merupakan salahsatu cara petani untuk melawan keterbatasan tidak adanya air hujan.  

- Advertisement -

"Hal ini sangat bagus untuk meningkatkan IP dan tentunya turut serta berkontribusi atas keberhasilan swasembada pangan," ungkapnya.

- Advertisement -

BERITA TERKAIT

TERPOPULER