Sabtu, 20 April, 2024

Tumbuhkan Wirausaha Baru, Kemenkop UKM Bakal Luncurkan GMW

MONITOR, Bandung – Guna menumbuhkan wirausaha baru khususnya di kalangan mahasiswa, Kemenkop dan UKM akan meluncurkan program bernama Gerakan Mahasiswa Wirausaha (GMW).

"Gerakan mahasiswa Wirausaha ini akan disosialisasikan Maret mendatang,  bekerjasama dengan perguruan tinggi di sembilan  provinsi," kata Menkop dan UKM Puspayoga, saat menjadi  Keynote Speech pada acara Indonesia Business Forum Viva Youth Festival di Univertas Padjajaran, Bandung (21/2).

Menteri Puspayoga menjelaskan, kota-kota di sembilan Provinsi itu antara lain, Banda Aceh, Medan, Palembang, Bandung, Jogjakarta, Semarang, Surabaya dan Denpasar.

"Para mahasiswa itu akan diberikan pelatihan dan keterampilan sesuai minat dan bakat yang mereka miliki, kita juga akan melibatkan tv lokal dalam gerakan ini," jelas Puspayoga.

- Advertisement -

Diharapkan dengan adanya gerakan ini, lulusan Perguuan Tinggi tak hanya berkutat menjadi pegawai, apakah itu PNS atau swasta, namun bisa menciptalan lapangan kerja sendiri, bahkan sampai membuka lapangan pekerjaan bagi orang lain.

Menteri Puspayoga optimis, dengan tumbuhnya wirausaha baru di Perguruan Tinggi, akan menambah rasio kewirausahaan secara nasional, dimana saat ini mencapai 3,1 persen.

"Pencapaian rasio kewirausahaan 3,1 persen pada 2016 itu memang menggembirakan, karena pada 2014 rasionya masih di 1,55 persen. Namun kita ingin lebih tinggi lagi," ujarnya.

Menurut Puspayoga, Indonesia akan bisa mengejar dan menyamai rasio kewirausahaan Malaysia yang kini berkisar 5 persen. " Saya optimis akan tercapai pada 2019 mendatang," katanya.

- Advertisement -

BERITA TERKAIT

TERPOPULER