Kamis, 28 Maret, 2024

Jonan Puji Pemda Tambrauw Soal Semangat Kemandirian Energi

MONITOR, Tambrauw – Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Ignasius Jonan, Selasa (13/02) kemarin meresmikan Pembangkit Listrik Tenaga Mini Hidro (PLTM) Warabiai Sausapor dan Bandar Udara Werur, sekaligus melakukan kunjungan ke Pelabuhan Laut Sausapor dan menyerahkan Lampu Tenaga Surya Hemat Energi (LTSHE) secara simbolis. Pelaksanaan peresmian dipusatkan di lokasi PLTM Warabiai, Desa Jokte Kecamatan Sausapor Kabupaten Tambrauw, Provinsi Papua Barat.

Acara ini juga dihadiri dari Komisi I DPR RI Jimmy Demianus Ijie, Komisi IV DPR RI Michael Wattimena, Komisi VII DPR RI Peggi Patrisia Pattipi, Gubernur Papua Barat Dominggus Mandacan dan Bupati Tambrauw Gabriel Asem, Dirjen Energi Baru Terbarukan dan Konservasi Energi (EBTKE) Rida Mulyana, Ketua DPRD Tambrauw, Pejabat di lingkungan Kementerian Perhubungan dan Kementerian Dalam Negeri, Direktur Regional Bisnis PLN Wilayah Papua Maluku, serta para pejabat di lingkungan Kabupaten Tambrauw dan tokoh masyarakat sekitar.

Mengawali sambutannya Ignasius Jonan mengapresiasi Pemerintah Daerah Tambrauw yang telah menyiapkan peresmian ini. "Saya ditugaskan Bapak Presiden untuk meresmikan PLTM Warabiai dan Bandar Udara Werur di Tambrauw, Walaupun pembangunannya lama, saya sangat mengapresiasi bahwa APBD digunakan untuk hal sangat bermanfaat", ujar Jonan.

Jonan menambahkan, Presiden selalu berpesan bahwa APBN, APBD dan Dana Otonomi Khusus terus dana transfer dari pemerintah pusat ke daerah harus digunakan dan dikembalikan untuk kemanfaatan masyarakat, dari rakyat kembali ke rakyat.

- Advertisement -

Untuk informasi, Bandara Werur dibangun menggunakan dana APBD dan sempat terhenti, namun pada tahun 2013 dilanjutkan kembali dengan dana APBN, dan selesai pada 2017. Jonan berharap kepada Kementerian Perhubungan agar Bandara Werur ini dapat dikelola oleh Unit Pelaksana Teknis (UPT) agar lebih profesional dan juga terkait dengan keselamatan penerbangan. Diharapkan juga penerbangan reguler minimal sehari sekali ada penerbangan pulang-pergi dari Sorong ke Tambrauw. 

Bandara Werur berlokasi di Desa Werwaf Kecamatan Bikar Kabupaten Tambrauw Provinsi Papua Barat. Bandara ini merupakan Bandara peninggalan sekutu pada Perang Dunia ke II. Total panjang landasan (runway) bandar udara adalah 1400 meter. Sedangkan lebarnya adalah 30 meter.

Dalam kesempatan tersebut, Menteri ESDM juga menyerahkan secara simbolis 12 (dua belas) set LTSHE kepada perwakilan warga. Jonan menjelaskan bahwa lampu tersebut diperuntukkan satu box untuk satu rumah bisa menghasilkan listrik 4 (empat) lampu dengan daya 25 watts dan bisa untuk colokan Handphone. "Ini dibantu pemerintah melalui APBN kepada setiap rumah yang belum ada layanan kelistrikan," jelas Jonan. 

Total sebanyak 529 LTSHE diberikan kepada 12 desa (5 kecamatan) di kabupaten Tambrauw dengan rincian sebagai berikut: Kec. Syujak 9 unit, Kec. Miyah 17 unit, Kec. Kwoor 37 unit, Kec. Yembun 118 unit, dan Kec. Kebar 348 unit.

Jonan juga berpesan, karena luasnya pulau Papua, khususnya Kabupaten Tambrauw, diharapkan Pemda dapat mengusulkan ke Kementerian ESDM dan PT. PLN untuk dibangun pembangkit Off Grid. "Bisa untuk diusulkan dibangun PLTMH atau PLTS dan sebagainya untuk wilayah sekitar pembangkit, karena jika menunggu saluran transmisi PLN masih lama karena memerlukan biaya yang besar.

"Kalau misalnya di daerah yang sangat sulit, sangat terpencil dan PLN belum ada program, tolong Pak Bupati dan Pak Gubernur sampaikan usulan ke saya, kirim surat ke saya untuk ditambah LTSHE," tambah Jonan. 

PLTM Warabiai Sausapor diperkirakan dapat menerangi sekitar 2500 sampai dengn 3000 rumah. PLTM ini berlokasi di Desa Jokte Kecamatan Sausapor Kabupaten Tambrauw. Kapasitas PLTM tersebut mencapai 1,6 MW (2 x 800 kW). PLTM terhubung dengan jaringan PLN (On Grid) dan mensuplai listrik utama ke PLN.

Pembangunan PLTM dimulai pada tahun 2013 – 2015, dan dilakukan uji coba pengoperasian pada awal tahun 2016. Pembangunan menggunakan dana APBD Kabupaten Tambrauw.

PLTM Warabiai kondisinya telah beroperasi melayani beban secara bergantian dengan PLTD milik PLN berkapasitas 250 kW. Saat ini, beban puncak Distrik Sausapor mencapai 170 kW, dilayani oleh PLTD pada pukul 18.00-06.00 WIT dan PLTM Warabiai pada pukul 08.00-12.00 WIT dan pukul 14.00-17.00 WIT.

Listrik yang dihasilkan dari PLTM ini dijual ke PLN dengan harga Rp 1.500/kWh. Adapun pengelola PLTM tersebut adalah Perusda PT. Tambrauw Bersinar Abadi.

Dalam kesempatan yang sama, Menteri ESDM juga mengunjungi Pelabuhan Laut Sausapor yang merupakan pelabuhan perintis yang dibangun pada masa pemerintahan Orde Baru dengan panjang 70 meter dan lebar 8 meter, panjang Trestel 222 meter dan lebar Trestel 4 meter. Pelabuhan Sausapor sudah beroperasi dengan jumlah penyeberangan kapal dari Sorong ke Sausapor sebanyak 3 (tiga) kali dalam seminggu pada hari Minggu, Selasa, Kamis. Waktu tempuh perjalanan Kapal dari Sorong ke Pelabuhan Sausapor sekitar 4-5 jam.

Menteri dan rombongan selanjutnya meninjau SPBU KOMPAK di Distrik Sausapor yang jaraknya sekitar 500 meter dari Pelabuhan Sausapor. Pengelola SPBU ini adalah CV Cahaya Tambrauw. Harga BBM Premium Rp. 6.450,-/liter dan harga BBM Solar Rp. 5.150,-/liter. SPBU ini merupakan perwujudan Program Pemerintah yaitu BBM 1 Harga, demi mewujudkan keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia.

- Advertisement -

BERITA TERKAIT

TERPOPULER